Breaking News:

Berita Foto

FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang

Hingga 16 Januari 2021 pukul 20.00 Wib rinciannya, 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 9 orang di Kabupaten Majene.

FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - sebuah-ekskavator-membersihkan-lokasi-gedung.jpg
Firdaus/AFP
Sebuah ekskavator membersihkan lokasi gedung yang runtuh di Mamuju, Sabtu (16/1/2021), sehari setelah gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pulau Sulawesi .
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - bangunan-berlantai-dua-yang-runtuh-akibat-gempa.jpg
ADEK BERRY/AFP
Pengendara sepeda motor melintas di depan bangunan berlantai dua yang runtuh akibat gempa berkekuatan 6,2 SR di Mamuju. Foto direkam Minggu (17/1/2021).
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - sebuah-mobil-hancur.jpg
Mawardi / AFP
Sebuah mobil hancur di antara puing-puing di sisi jalan di Mamuju pada 15 Januari 2021, setelah gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pulau Sulawesi di Indonesia.
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - tim-penyelamat-mencari-korban-di-lokasi-reruntuhan-gedung.jpg
Hariandi Hafid/AFP
Tim penyelamat mencari korban di lokasi reruntuhan gedung di Mamuju, Sabtu (16/1/2021), sehari setelah gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pulau Sulawesi.
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - gedung-kantor-gubernur-rusak-akibat-gempa-62-sr-di-mamuju.jpg
ADEK BERRY / AFP
Foto udara menunjukkan gedung kantor Gubernur rusak akibat gempa 6,2 SR di Mamuju. Foto direkam, Minggu (17/1/2021).
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - toko-yang-rusak-akibat-gempa-berkekuatan-62-di-mamuju.jpg
ADEK BERRY / AFP
Foto dari udara ini menunjukkan sebuah toko yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,2 di Mamuju. Foto direkam, Minggu (17/1/2021).
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - garis-polisi-dipasang-di-gedung-yang-rusak.jpg
ADEK BERRY / AFP
Garis polisi dipasang di gedung yang rusak setelah gempa berkekuatan 6,2 di Mamuju. Foto direkam Minggu (17/1/2021)
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - bangunan-yang-runtuh-di-kota-mamuju-1.jpg
Hariandi Hafid / AFP
Tim penyelamat mencari korban di sebuah bangunan yang runtuh di kota Mamuju pada 16 Januari 2021, sehari setelah gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pulau Sulawesi.
FOTO - Kondisi Kerusakan Akibat Gempa 6,2 SR di Sulawesi, Korban Meninggal Mencapai 56 Orang - warga-beristirahat-di-tempat-penampungan.jpg
ADEK BERRY / AFP
Warga beristirahat di tempat penampungan sementara di Mamuju, Sabtu (16/1/2021), sehari setelah gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pulau Sulawesi.

SERAMBINEWS.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Majene, Sulawesi Barat bertambah menjadi 56 orang.

Pengendara sepeda motor melintas di depan bangunan berlantai dua yang runtuh akibat gempa berkekuatan 6,2 SR di Mamuju. Foto direkam Minggu (17/1/2021).
Pengendara sepeda motor melintas di depan bangunan berlantai dua yang runtuh akibat gempa berkekuatan 6,2 SR di Mamuju. Foto direkam Minggu (17/1/2021). (ADEK BERRY/AFP)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, data tersebut hingga 16 Januari 2021 pukul 20.00 WIB.

Rinciannya, 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 9 orang di Kabupaten Majene.

"Selain itu terdapat 637 korban luka di Kabupaten Majene dengan 12 orang luka berat, 200 orang luka sedang, dan 425 orang luka ringan," kata Raditya dikutip dari siaran pers BNPB, Minggu (17/1/2021).

Baca juga: VIDEO - Dahsyatnya GEMPA MAMUJU, Puluhan Korban Jiwa dan Ratusan Bangunan Rusak Parah

"Sedangkan di Kabupaten Mamuju, terdapat 189 orang mengalami luka berat atau rawat inap," lanjut dia.

Adapun jumlah tersebut berdasarkan pendataan dan koordinasi antara BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Polewali Mandar, TNI - Polri, Basarnas serta relawan, dan instansi lainnya.

Raditya mengatakan, saat ini aliran listrik di Kabupaten Majene sebagian sudah menyala.

Sementara itu, listrik di sebagian wilayah Kabupaten Mamuju sudah normal dan setengahnya masih mengalami gangguan.

Baca juga: Gubernur Aceh Serukan Penggalangan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Sulbar

"Jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju juga kembali pulih dan dapat dilalui kendaraan pada Sabtu sore," kata dia.

Jalur tersebut dapat dibuka kembali setelah Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin menugaskan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 8/SMG untuk membuka akses menggunakan alat berat.

Halaman
12
Editor: m anshar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved