Breaking News:

Video

VIDEO - Turki Bangun Pembangkit Listrik TENAGA NUKLIR, Empat Reaktor Berkapasitas 4.800 MWatt

Reaktor pertama Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Akkuyu Turki direncanakan beroperasi pada 2023 bertepatan dengan perayaan ke-100 republik Turki.

Penulis: Yuhendra Saputra | Editor: Safriadi Syahbuddin

SERAMBINEWS.COM, MERSIN - Reaktor pertama Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Akkuyu Turki direncanakan mulai beroperasi pada 2023 bertepatan dengan perayaan ke-100 republik tersebut. 

Menteri Industri dan Teknologi Turki, Mustafa Varank mengunjungi area konstruksi di Mersin pada Senin (18/1/2021) untuk mengecek progres pembangunan PLTN Akkuyu.

“Kami berharap reaktor pertama sudah beroperasi akhir 2023 dan listrik sudah bisa diproduksi di sini,” ujarnya.

"Seperti yang Anda ketahui, proyek pembangkit listrik tenaga nuklir baru di Turki dan terus dipantau pembangunannya. Proyek pembangkit nuklir pertama ini memberi kami keuntungan yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan dan teknologi Turki."

Tahap pembuatan akhir dari reaktor pertama pabrik dimulai pada bulan September tahun ini.

Dua bulan lalu, izin pembangunan juga sudah diberikan untuk unit ketiga.

Perjanjian antar pemerintahan ditandatangani antara Turki dan Rusia pada Mei 2010 untuk PLTN Akkuyu, pembangkit listrik tenaga nuklir pertama Turki yang akan memiliki empat reaktor listrik VVER-1200 dengan total kapasitas 4.800 megawatt.

Seremoni peletakan batu pertama pembangkit diadakan pada 3 April 2018 yang dihadiri Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin melalui video konferens dari Ankara.(*)

Sumber: Anadolu Agency

Baca juga: Bikin Penasaran, Mengapa Negara Barat Boleh Punya Senjata Nuklir dan Yang Lain Dianggap Melanggar?

Baca juga: Iran Tangkap Pembunuh Ilmuwan Nuklir

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved