Breaking News:

Tanah Bergerak di Aceh Besar

Fenomena Alam Tanah Bergerak, Gampong Lamkleng Ditetapkan Sebagai Daerah Siaga Darurat

Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, sejak tanggal 18 Januari  2021 telah ditetapkan sebagai daerah siaga darurat oleh ..

For Serambinews.com
Wakil Ketua Komisi IV DPRA,  Muchlis Zulkifli ST (tengah) didampingi Keuchick Lamkleng, Muhammad Fajri (kiri) memperhatikan tanah bergerak yang kini mencapai empat meter,  Jumat (23/1/2021). 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO  - Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, sejak tanggal 18 Januari  2021 telah ditetapkan sebagai daerah siaga darurat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar.

Gampong Lamkleng ditetapkan sebagai daerah siaga darurat akibat fenomena alam tanah bergerak membentuk rekahan yang semakin meluas dan memprihatinkan.

Seperti diketahui, Fenomena alam tanah bergerak membentuk rekahan di Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, semakin meluas.

Kali ini turun sekitar 50 sentimeter dan total penurunan posisi tanah mencapai empat meter, Sabtu (23/1/2021).

"Hari ini tanah amblas 50 sentimer dan kini tanah bergerak kedalaman sudah mencapai 4 meter," ujar Keuchik Lamkleng, Muhammad Fajri kepada Serambinews.com, Sabtu (23/1/2021).

Kata dia, tanah bergerak masih aktif di Gampong Lamkleng dan penomena alam ini belum diketahui secara persis penyebab terjadinya pergeseran tanah. 

Karena, kata Muhammad Fajri, penyebab terjadinya pergeseran tanah belum disimpulkan oleh tim peneliti baik dari BMKG maupun tim peneliti dari Prodi Teknik Geologi USK Banda Aceh.

Menurut dia, saat ini Tim Teknik Geologi USK Banda Aceh masih terus melakukan penelitian untuk mencari tahu penyebab tanah bergerak di Gampong Lamkleng.

Lanjutnya, saat ini juga warga di kawasan tanah bergerak masih mengungsi di tenda pengungsian berjumlah 18 Kepala Keluarga (KK) dari 14 unit rumah. Ada sejumlah rumah dihuni dua KK.(*)

Baca juga: Hari Ini, Tanah Bergerak di Lamkleng Turun 50 Sentimeter, Total Penurunan Sudah Mencapai 4 Meter

Baca juga: Mualem Bertemu Mempora, Bahas Persiapan PON 2024 di Aceh

Baca juga: Jurusan Teknik Mesin dan Industri USK Menggelar Pelatihan Digitalisasi

Baca juga: Ayu Ting Ting & Adit Jayusman Mantap ke Pelaminan, Ketua RT Bocorkan Lokasi Pernikahan

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved