Breaking News:

Terduga Teroris Ingin Beraksi di Aceh, Densus 88 Tangkap Lima Orang

Penangkapan dua terduga teroris di Langsa oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror pada Kamis (21/1/2021)

Editor: bakri
Serambinews.com
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy memperlihatkan foto-foto barang bukti terduga teroris dalam konferensi pers di Polda Aceh, Sabtu (23/1/2021) 

BANDA ACEH - Penangkapan dua terduga teroris di Langsa oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror pada Kamis (21/1/2021), ternyata merupakan rangkaian kegiatan serupa yang dilakukan tim tersebut di Aceh dalam beberapa hari terakhir. Sebelum di Langsa, Densus lebih dulu menciduk tiga terduga teroris lain di Banda Aceh dan Aceh Besar pada lokasi terpisah. Kelima terduga itu rencananya ingin melancarkan aksi teror di Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, mengatakan, total terduga teroris yang diamankan Densus 88 di Aceh sebanyak lima orang. "Mereka ini rencananya akan melakukan aksi teror di wilayah Aceh," kata Kombes Pol Winardy dalam konferensi pers di Mapolda Aceh, kawasan Jeulingke, Banda Aceh, Sabtu (23/1/2021).

Ditanya apa saja yang menjadi target mereka, Winardy menyebutkan, ada empat sasaran yakni TNI, Polri, Pemerintah Pusat yang ada di Aceh, dan Pemerintah Aceh sendiri. "Hasil yang kami peroleh dari Densus, disinyalir ada beberapa di Aceh yang menjadi target mereka. Seperti saya sampaikan tadi, dalam buku catatan itu berisi ancaman-ancaman bentuk tulisan yang ditujukan kepada TNI, Polri, Pemerintah Pusat yang ada di Aceh, dan juga Pemerintah Aceh," jelas Winardy.

Ia menyebutkan, Densus mengamankan lima terduga teroris itu pada sejumlah lokasi terpisah di tiga kabupaten/kota. Terduga pertama yang dibekuk adalah RA (41), warga Langsa Kota dan SA alias S, pria kelahiran Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, November 1991. Keduanya diciduk di kawasan Blang Bintang, Aceh Besar, pada Rabu (20/1/2021) sekitar pukul 19.45 WIB.

Setelah mengamankan RA dan SA, Densus kemudian melakukan pengembangan. Hasilnya, tim kembali menangkap terduga teroris lain berinisial UM alias AA alias TA (35). Pria kelahiran Kacamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, ini dibekuk Tim Densus 88 di seputaran Pasar Ulee Kareng, Banda Aceh, pada Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada hari yang sama, tim kembali melakukan pengembangan dan hasilnya dua orang terduga teroris ditangkap di Langsa. Mereka adalah SJ alias AF (40), warga kelahiran Binjai dan MY (46). SJ alias AF dibekuk di Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama. Sementara MY diamankan di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Birem Puntong, kecamatan yang sama.

"Lima tersangka itu diamankan di lokasi berbeda. Saat ini, mereka masih dalam proses pemeriksaan di Polda Aceh. Jika sudah selesai diperiksa, kelimanya akan dibawa ke Mabes Polri, Jakarta," kata Winardy. Ia memastikan, kelima terduga teroris itu terlibat dalam jaringan Bom Polrestabes Medan, dan jaringan pembuat bom teroris yang ditangkap di wilayah Riau.

Ditanya apakah akan ada terduga lain yang masih diburu oleh Tim Densus 88, Kabid Humas Polda Aceh, menyebutkan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kelima terduga yang sudah ditangkap dan terus melakukan pengembangan kasus tersebut. "Ini masih kita kembangkan.” pungkas Kombes Pol Winardy. (dan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved