Breaking News:

Polisi Datang Peserta Balapan Liar Kabur, 10 Sepmor Diamankan

Anggota Polsubsektor Kutablang, Bireuen, pada Minggu (24/1/2021) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB, menertibkan balapan liar

Editor: bakri
Dok Humas Polres Bireuen
Sepuluh unit sepeda motor diamankan anggota polisi dari Polsubsektor Kutablang, Bireuen di ruas jalan nasional kawasan Desa Paya Rangkuluh, Kutablang Bireuen karena melakukan aksi balapan liar. 

BIREUEN - Anggota Polsubsektor Kutablang, Bireuen, pada Minggu (24/1/2021) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB, menertibkan balapan liar di jalan Banda Aceh-Medan kawasan Desa Paya Rangkuluh, Kecamatan Kutablang. Melihat polisi datang, sebagian peserta dan penonton aksi itu yang umumnya remaja, langsung kabur. Ada juga di antara mereka yang melarikan diri dengan meninggalkan sepeda motor (sepmor) di tempat tersebut. Dalam penertiban itu, petugas mengamakan 10 unit sepmor.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi, melalui Kasat Lantas AKP W Rachmat Jayadi SIK, kepada Serambi, kemarin, mengatakan, anggota Polsubsektor Kutablang menerima informasi dari warga bahwa pada beberapa lokasi di wilayah kecamatan itu, sejumlah anak baru gede (ABG) melakukan aksi balap liar yang mengganggu masyarakat dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Setelah mendapat informasi tersebut, menurut Kasat Lantas, Kapolsubsektor Kutablang  Ipda Jusman bersama lima anggotanya melakukan patroli. Hasilnya, ditemukan sejumlah remaja sedang melakukan balapan liar di kawasan Desa Paya Rangkuluh, yang berjarak sekitar 1 kilometer arah timur Keude Kutablang. Dalam penertiban itu, sebut AKP W Rachmat, petugas mengamankan 10 sepmor dan beberapa unit di antaranya sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

“10 sepeda motor dari berbagai merek itu kemudian diamankan ke Polsubsektor Kutablang. Sedangkan peserta atau penonton aksi tersebut diingatkan agar tak lagi melakukan balapan liar karena membahayakan keselamatan mereka sendiri serta suara kendaraan sangat mengganggu warga sekitar,” jelas Kasat Lantas Polres Bireuen didampingi Paur Humas Bripka Safwan Rizal.

Kapolsubsektor Kutablang, Ipda Jusman, menambahkan, saat pihaknya tiba di lokasi, sebagian remaja baik yang ikut dalam balapan liar maupun yang menontonnya langsung menghilang. “Ada yang kabur dengan sepeda motor mereka dan ada juga yang melarikan diri dengan meninggalkan sepeda motornya di lokasi. Kami datang untuk meminta mereka agar tidak lagi melakukan aksi tersebut karena bisa mengundang musibah bagi dirinya sendiri dan orang lain,” pungkas Ipda Jusman.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi, melalui Kapolsubsektor Kutablang, Ipda Jusman, mengatakan, 10 sepeda motor yang diamankan itu hingga kini masih di Polsubsektor Kutablang. Menurut Jusman, pihaknya akan mendata sepeda motor itu dan selanjutnya memanggil orang tua dari remaja yang terlibat dalam aksi balapan liar tersebut untuk mengambil kendaraan mereka.

“Kendaraannya kita amankan dulu, beberapa hari ke depan baru kita panggil orang tua dengan membawa surat-surat kendaraan. Bila suratnya lengkap, sepeda motornya langsung kita kembalikan. Nanti, kita juga meminta para orang tua untuk menasehati anaknya agar tidak lagi melakukan aksi balapan liar karena rawan kecelakaan dan meresahkan warga,” pungkas Kapolsubsektor Kutablang didampingi Paur Humas, Bripka Safwan Rizal. (yus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved