Breaking News:

Sebum Berlebih Sebabkan Jerawat

Setiap orang pasti pernah berjerawat. Jerawat (acne) bisa muncul berbentul benjolan kecil di atas kulit maupun benjolan berwarna kemerahan

Editor: bakri
Tangkapan Layar Facebook Serambinews.com
dr Cut Chairani dan dr Sheikha Nabila saat menjadi narasumber dalam Serambi Podcast Edisi Bincang Kesehatan dengan tema “Permasalahan Jerawat di Masa Pandemi”. Serambi Podcast tersebut disiarkan langsung melalui Radio Serambi FM 90,2 MHz dan live Facebook Serambinews.com, Sabtu (23/1/2021). Tangkapan Layar Facebook Serambinews.com 

BANDA ACEH - Setiap orang pasti pernah berjerawat. Jerawat (acne) bisa muncul berbentul benjolan kecil di atas kulit maupun benjolan berwarna kemerahan atau kuning karena mengandung nanah. Agar tidak memperparah keadaan jerawat di wajah, perawatan dan penggunaan cream juga harus dilakukan secara tepat.

Dalam hal ini, dr Cut Chairani yang bertugas di Azqiara Klinik Cantik Muslimah cabang Aceh menyampaikan penyebab utama jerawat yaitu  adanya produksi minyak (sebum) berlebih. Hal itu menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

“Untuk pengobatan jerawat itu baiknya pasien konsultasikan dengan dokter, karena untuk pengobatannya tergantung dari tingkat keparahan jerawat itu sendiri,” kata dr Cut Chairani saat menjadi narasumber dalam Serambi Podcast Edisi Bincang Kesehatan dengan tema “Permasalahan Jerawat di Masa Pandemi”.

Dalam Serambi Podcast tersebut juga menghadirkan narasumber lainnya yaitu dr Sheikha Nabila. Kegiatan ini disiarkan langsung melalui Radio Serambi FM 90,2 MHz dan live Facebook Serambinews.com, Sabtu (23/1/2021).

Sementara untuk proses penyembuhannya, menurut dr Cut Chairani itu butuh waktu jadi pasien harus sabar. “Jadi sebenarnya butuh waktu tidak ada yang cepat. Konsultasikan ke dokter, nanti dokter akan memberikan treatment atau perawatan atau cream apa yang cocok untuk tingkat keparahan jerawatnya,” sebutnya.

Disamping itu, dr Sheikha Nabila mengatakan ada beberapa makanan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat yaitu makanan yang terlalu manis, kadar lemaknya tinggi seperti kacang-kacangan, goreng-gorengan, ayam potong. “Kita pasti bilang ke pasien untuk perlu juga dikontrol makanannya. Selain perawatan, minum obat, makanan juga harus dikontrol,” kata dr Sheikha.

Sementara di masa pandemic Covid-19, bagi yang sedang berjerawat maka tidak perlu khawatir, karena masih bisa tetap memakai masker. Dalam hal ini kedua narasumber menyarankan untuk segera menggantikan maskernya apabila sudah kotor, dan jika diperlukan dapat menggunakan pelembab sehingga dapat mengurangi gesekan antara masker dan kulit.

Azqiara Aceh berlokasi di Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah Nomor 4-5, Banda Aceh dengan menyediakan sejumlah perawatan terkini untuk wajah, rambut, dan tubuh serta produk-produk dari bahan alami yang halal. Disamping itu, juga ada layanan konsultasi dokter secara gratis.(una)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved