Breaking News:

UMKM

Bank Aceh Syariah Bireuen Latih Keterampilan Membatik Ibu-ibu di Kecamatan Makmur

"Usaha batik Cerady di Kecamatan Makmur merupakan salah satu usaha yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan pelatihan tentang membatik."

SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Kaum ibu sedang mengikuti pelatihan membatik di Gampong Leubu Mesjid, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Senin (25/1/2021). 

"Usaha batik Cerady di Kecamatan Makmur merupakan salah satu usaha yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan pelatihan tentang membatik."

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen melatih ibu-ibu Gampong Leubu Mesjid, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen dalam hal kemampuan membatik untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Cabang Bank Aceh Syariah Bireuen, M Hendra Supardi kepada Serambinews.com, Senin (25/1/2021) mengatakan, pihaknya melatih keterampilan membatik untuk 30 kaum ibu pelaku UMKM di Gampong Leubu Mesjid, Kecamatan Makmur.

Menurut Hendra, hingga saat ini sudah ada 10 UMKM di Bireuen yang dilatih agar usaha yang
dijalankan dapat berkembang dan memiliki SDM handal.

Baca juga: Wirda Mansur Sebut Perjodohannya dengan Hasan Ali Jaber: Papa Orangnya Suka Bercanda

“Kami komit membantu UMKM dengan mendatangkan ahli agar usaha yang digeluti dapat berkembang,” ujarnya.

Baca juga: Percikan Api Sambar Drum Bensin, Hasil Olah TKP Kebakaran 4 Rumah di Simeulue

Syarat mendapat bantuan pelatihan, menurut Hendra, setiap pelaku usaha dapat mengajukan permohonan yang akan ditindaklanjuti oleh tim dari Bank Aceh dengan cara turun ke lapangan melihat usaha apa dikembangkan guna menentukan pelatihan apa yang dibutuhkan.

Tujuan pelatihan agar usaha kerajinan tangan maupun usaha home industri di Bireuen bisa berkembang, memiliki inovasi, dan pemasaran luas.

Menyangkut bantuan modal usaha, M Hendra Supardi mengatakan, pihaknya juga siap membantu dengan berbagai ketentuan yang mengikat.

Baca juga: Abdya Kembali Masuk Zona Oranye Covid-19, Ini Pemicunya

Ditambahkan, usaha batik Cerady di Kecamatan Makmur merupakan salah satu usaha yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan pelatihan tentang membatik, maka pihaknya bersedia mengucurkan dana CSR untuk biaya pelatihan.

“Adanya pelatihan diharapkan  dapat menambah keterampilan mereka dan juga bisa mengembangkan usaha membatik lebih luas dengan beragam model batik.  Selain itu, pihaknya juga akan melihat perkembangan usaha dan pemasaran hasil produk nantinya. (*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved