Breaking News:

Kelola PDAM dengan 4K

DIREKTUR PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub, menyampaikan, ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola PDAM

Kelola PDAM dengan 4K
Serambinews.com
T NOVIZAL AIYUB, Direktur PDAM Tirta Daroy. (Serambinews.com/file)

DIREKTUR PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub, menyampaikan, ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola PDAM. Yaitu Kuantitas, Kualitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan (4K).

Untuk kuantitas dan kua litas, penanganannya dilakukan di WTP Lubuk Bate Lambaro, Aceh Besar, yakni berupa upgrading upgrading penjernihan bak penyaringan air minum dari kuantitas produksi 500 liter/detik menjadi 800 liter/detik.

“Program upgrading yang dilaksanakan Dinas PUPR Kota Banda Aceh di WTP Lubuk Bate sudah berhasil dalam peningkatan kuantitas dan kualitas air bersih PDAM Tirta Daroy,” ujar Ampon Aiyub, sapaan akrab T Novizal Aiyub.

Sementara terkait dengankontinuitas dan keterjangkauan,  Ampon Aiyub me ngatakan, Dinas PUPR Ko ta Banda Aceh tahun 2020 kemarin melakukan pergantian pipa PVC ukuran 300 milimeter dengan pipa jenis HDPE ukuran 350 milimieter, untuk wilayah Kecamatan Ulee Kareng dan sekitarnya.

Pipa PVC sebut Aiyub memiliki banyak kelemahan, di antaranya ketika pipa dalam kondisi kosong, akan mudah retak dan pecah ketika dilintasi truk penuh muatan.

Hal ini lah yang sering terjadi sebelumnya sehingga membuat distribusi air tidak sampai kepada pelanggan. Setelah pipa distribusi itu diganti dengan pipa jenis HDPE yang lebih tebal yang elastis, distribusi air ke wilayah Kecamatan Ulee Kareng dan sekitarnya menjadi lancar kembali. Keluhan dan laporan air macet ikut menurun.

“Pergantian pipa PVC dengan HDPE itu telah membuat manajemen PDAM Tirta Daroy sukses melaksanakan tugas kontiunitas dan keterjangkauan sampai kepada pelanggan yang berada di posisi paling ujung pipa, seperti di Kecamatan Meuraxa,” ungkap Ampon Aiyub.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved