Breaking News:

Opini

Pentingnya Kampus "Applicable Science"

ILMU pengetahuan atau science merupakan usaha sadar untuk menyelidiki atau menemukan sesuatu untuk meningkatkan pemahaman manusia

Foto kiriman warga
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Dr Apridar, Kamis (28/2/2019) menyampaikan orasi ilmiah di hadapan 63 lulusan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan, Muhammadiyah Aceh Tengah. 

Prof. Dr. Apridar, S.E., M.Si

Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Malikussaleh Aceh

ILMU pengetahuan atau science merupakan usaha sadar untuk menyelidiki atau menemukan sesuatu untuk meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai sisi dalam alam kehidupan. Rangkuman dari sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat diuji secara sistematik dengan menggunakan berbagai metode dalam bidang ilmu tertentu. Sehingga ilmu-ilmu mampu menjawab dan memahami suatu pengetahuan serta berbagai persoalan sosial dan sebagainya.

Kebenaran dalam ilmu pengetahuan harus dapat diterapkan dalam kehidupan nyata dengan benar dan mandiri secara bertahap serta berkesinambungan. Nilai-nilai kebenaran yang bersumber dari agama berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan semakin hari semakin terbukti kebenarannya. Dengan adanya perangkat teknologi yang lebih mumpuni, maka kebenaran semakin terbukti dan nyata adanya.

Nilai-nilai Islam yang dapat menguatkan etika moral serta perilaku manusia merupakan karakter yang akan mengayakan khasanah peradaban manusia. Etika moral yang diperaktekkan Rasulullah SAW merupakan contoh kongkrit yang dapat membentuk karakter manusia seutuhnya. Sehingga nilai-nilai moral tersebut harus tetap dipelihara dan dapat menguatkan khasanah kebaikan dalam kehidupan ini.

Peradaban mulia yang diterapkan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, contoh kasus yang menerapkan "Applicable Science" dimana ilmu hasil dari penelitian harus dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat secara nyata. Komitmen untuk mengubah perilaku masyarakat kepada kebajikan merupakan output yang ditawarkan lembaga pendidikan sebagai pencerahan dalam kehidupan yang lebih baik secara kontinyu. Model yang mampu menjawab tantangan kehidupan nyata, merupakan salah satu daya tarik dari kampus yang membuat dirinya selalu diminati oleh masyarakat.

Keberhasilan seseorang dalam kehidupan dunia nyata sangat ditentukan oleh proses yang dilaluinya, dimana mereka yang dalam mengikuti pendidikan selalu berusaha untuk melaksanakan berbagai tugas yang diberikan dengan serius dan jujur secara optimal. Tidak pernah terlintas pada dirinya untuk berlaku curang, apalagi bolos ketika pelajaran yang dianggapnya sulit. Berbagai kewajiban selalu dilaksanakan dengan baik dan tanpa mengeluh. Ketekunan yang dilakukan dalam proses pendidikan akan tercermin terhadap kinerja dalam masyarakat kelak.

Di era globalisasi yang sangat kompetitif ini para lulusan dituntut menguasai beragam keahlian serta ilmu pengetahuan yang dapat mendukungnya dalam dunia kerja nantinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, menuntut semua pihak agar mampu beradaptasi dan memiliki keahlian tertentu agar mampu mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepat. Dunia kerja sekarang ini berpacu meningkatkan produktivitas yang optimal agar ia mampu bersaing serta mengembangkan kegitannya. Untuk itu dukungan sumberdaya manusia berkualitas dari tenaga kerjanya merupakan suatu keharusan yang mesti dilakukan lembaga pendidikan.

Keberadaan ilmu komputerisasi merupakan keunggulan yang dimiliki UNIKI untuk mendukung peserta didik agar melek teknologi yang merupakan skill yang mesti dimiliki di-era digitalisasi sekarang ini. Setiap lulusan dibekali dengan ketrampilan teknologi informasi yang sudah menjadi tuntutan dari perkembangan era-industrialisasi. Sehingga berbagai akses informasi serta kegiatan industrialisasi menggunakan teknologi tersebut.

Industri dari berbagai produksi sekarang ini perlu berkolaborasi membangun laboratoriumnya di kampus, agar perusahaanya menjadi lebih efisien dalam menghasilkan berbagai inovasi. Mengelola sendiri laboratorium oleh perusahaan lebih besar biayanya dibandingkan kolaborasi dengan kampus. Hasil research kolaborasi tersebut dapat dimanfaatkan kedua pihak, dimana kampus dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan perusahaan memperoleh inovasi serta produk yang akan dipasarkan kepada konsumen.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved