Breaking News:

Mengisi Liburan Semester, Puluhan Mahasiswa Umuslim Belajar Tajhiz Mayat

Puluhan mahasiswa Umuslim umumnya dari fakultas ekonomi bergegas ke mushalla di kompleks kampus timur

FOTO DOK HUMAS UMUSLIM
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Umuslim, Senin (1/2/2021), mengikuti pelatihan memandikan mayat di musalla kampus setempat. 

Puluhan mahasiswa Umuslim umumnya dari fakultas ekonomi bergegas ke mushalla di kompleks kampus timur. Senin (1/2/2021), mereka mengikuti pelatihan tajhiz mayat kerjasama dengan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Mesjid Besar Peusangan, Bireuen.

Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli MKom kepada Serambi mengatakan, mahasiswa duduk mengelilingi mushalla. Mereka terlihat sabar dan tekun melihat bagaimana prosesi tajhiz mayat. Pelatihan itu menghadirkan Tgk Saifuddin Muhammad SH MH dari Beunyot, Juli sebagai pembimbing.

Kabag Humas Umuslim menambahkan, pertemuan tersebut merupakan pelatihan dasar. Di manan nantinya akan dilanjutkan pelatihan lanjutan dengan rangkaian kegiatan menyiapkan bahan, dan kain kafan. “Mudah-mudahan mahasiswa bisa belajar dari pelatihan dasar ini,” ungkap Zulkifli.

Pada kesempatan itu, Tgk Saifuddin Muhammad mengarahkan mahasiswa untuk melakukan simulasi. Tgk Saifuddin dalam pelatihan tersebut menambahkan, orang yang tajhiz mayat harus mengerti teori dan praktik, serta mampu mempraktikkan terutama kepada keluarga sendiri dan masyarakat.

Dekan Fakultas Ekonomi Umuslim, Hakim Muttaqim menjelaskan, bahwa pelatihan ini pihaknya dengan BKM Masjid Besar Peusangan sebagai kegiatan mengisi masa liburan semester. Menurutnya, selaku generasi muda mahasiswa harus faham dan dapat melakukan tajhiz mayat terutama untuk keluarga sendiri.

Ketua BKM Masjid Besar Peusangan, Tgk Anwar Hasan mengharapkan mahasiswa harus mampu menguasai ilmu fardu kifayah sehingga nantinya lulusan Umuslim dapat berkonstribusi baik dan hadir di tengah masyarakat. Sebab, di masyarakat sekarang sudah mulai sedikit orang yang mampu tahjiz mayat.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved