Breaking News:

Dianggap Islamofobia, Kanada Nyatakan Sayap Kanan Proud Boys sebagai Organisasi Teroris

Kanada secara berani mengumumkan dengan menambahkan organisasi sayap kanan Proud Boys ke dalam daftar entitas teroris.

Jose Luis Magana / AFP
Foto file diambil pada 12 Desember 2020, memperlihatkan Enrique Tarrio, pemimpin Proud Boys (Kiri) dan Joe Biggs (Kanan) berkumpul di luar bar Harry saat protes di Washington, DC. Kanada menyebut organisasi sayap kanan Proud Boys adalah organisasi teroris. 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Keamanan Publik Kanada, Bill Blair, mengatakan Proud Boys adalah organisasi yang dipenuhi kebencian, salah satunya adalah Islamofobia.

Kanada secara berani mengumumkan dengan menambahkan organisasi sayap kanan Proud Boys ke dalam daftar entitas teroris.

Hal ini dilakukan menyusul tekanan dari anggota parlemen untuk mengambil tindakan tegas terhadap ekstremisme sayap kanan setelah kerusuhan mematikan di Capitol Amerika Serikat bulan lalu.

Dalam konferensi pers pada hari Rabu, Menteri Keamanan Publik Bill Blair mengatakan pemerintah federal menambahkan 13 kelompok ke dalam daftar teroris, termasuk Proud Boys, Divisi Atomwaffen, Pangkalan dan Gerakan Kekaisaran Rusia.

“Peristiwa baru-baru ini membuat orang Kanada jauh lebih sadar akan ancaman serius yang ditimbulkan oleh kelompok ekstremis brutal. Kelompok-kelompok ini sayangnya aktif di Kanada dan di seluruh dunia. Tindakan kekerasan dan retorika mereka dipicu oleh supremasi kulit putih, anti-Semitisme, rasisme, homofobia, Islamofobia, dan kebencian terhadap wanita,” kata Blair, dikutip Al Jazeera, Rabu (3/2/2021).

Sederet Fakta-fakta Isu Ayu Ting Ting Batal Nikah dengan Adit Jayusman

Pengungsi Korban Longsor & Banjir di Pepelah Gayo Lues Kembali ke Rumah, Tapi Tenda tak Dibongkar

()Foto file diambil pada 12 Desember 2020, memperlihatkan Enrique Tarrio, pemimpin Proud Boys (Kiri) dan Joe Biggs (Kanan) berkumpul di luar bar Harry saat protes di Washington, DC. Kanada menyebut organisasi sayap kanan Proud Boys adalah organisasi teroris.

"Ancaman ekstremisme yang bermotivasi ideologis telah diidentifikasi sebagai ancaman paling signifikan terhadap keamanan domestik di Kanada."

Kanada dapat menjatuhkan hukuman kepada orang dan kelompok yang berurusan dengan entitas terdaftar, dapat menghapus kelompok status amal yang terdaftar, dan dapat menolak masuk ke negara siapa pun yang ditemukan terkait dengan entitas yang terdaftar.

Pengumuman tersebut muncul setelah resolusi simbolis dan tidak mengikat disahkan dengan suara bulat di parlemen Kanada pada akhir Januari menuntut pemerintah federal untuk menyatakan Proud Boys sebagai organisasi teroris.

Detik-detik Terakhir SJ 182 Sebelum Jatuh, ATC Sempat Panggil Pilot 11 Kali Tapi Tak Direspon

Curiga Pasanganmu Selingkuh? Begini Cara Sadap Telepon Doi Tanpa Ketahuan

“Sekarang Justin Trudeau (Perdana Menteri Kanada) dan Pemerintah Liberal-nya untuk melakukan hal yang benar dan menindaklanjuti kehendak bulat barlemen. Saya berharap dia melakukannya, jutaan orang Kanada juga,” tulis Jagmeet Singh, kepala oposisi Partai Demokrat Baru, di akun Twitter-nya.

The Proud Boys, yang didirikan oleh orang Kanada dan memiliki cabang di Kanada dan AS, di antara negara-negara lain, menggambarkan dirinya sebagai organisasi "sovinis Barat".

()Foto pemimpin kelompok sayap kanan Proud Boys, Enrique Tarrio, berbaris selama unjuk rasa "The End Domestic Terrorism" di Tom McCall Waterfront Park di Portland, Oregon. Tarrio kini sudah ditahan. (John Rudoff / AFP)
Halaman
123
Editor: Amirullah
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved