Breaking News:

Harga TBS Sawit di Abdya Melemah

Setelah sempat menembus rekor tertinggi, harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit produksi petani Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Pekerja sedang menimbang dan memuat TBS kelapa sawit milik petani di kawasan Jalan 30 (Jalan Lingkar Kecamatan Babahrot), Kabupaten Abdya, ke dalam kendaraan angkutan, Selasa (2/2/2021). Harga TBS sawit mulai melemah dengan kisaran Rp 1.430 sampai Rp 1.500 per kg. 

BLANGPIDIE - Setelah sempat menembus rekor tertinggi, harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit produksi petani Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mulai melemah sejak sepekan terakhir sampai Rabu (3/2/2021).

Harga bahan komoditas ekspor tersebut turun setelah sejumlah pengusaha PMKS (Pabrik Minyak Kelapa Sawit) di Kabupaten Nagan Raya, menurun harga beli TBS, termasuk produksi dari Abdya.

Karena belum adanya PMKS yang beroperasi di Abdya, maka hampir 100 persen produksi TBS setempat dijual atau dipasok ke PMKS Nagan Raya melalui suplier atau pemegang surat pengantar jual beli TBS sawit.

"Jika harga tampung TBS di PMKS Nagan Raya turun, maka otomatis harga beli di tingkat petani di Abdya juga turun," kata Salim, pedagang pengepul di Kecamatan Kuala Batee, Rabu (3/2/2021).  

Mesipun harga melemah, menurutnya, harga TBS kelapa sawit sekarang ini masih menguntungkan para petani kelapa sawit di Abdya.

Pantauan Serambi, harga TBS kelapa sawit di tingkat petani kawasan Kecamatan Babahrot dan Kuala Batee sebagai sentra penghasil kelapa sawit di Abdya, bervariasi antara Rp 1.430 sampai Rp 1.500 per kilogram (kg), sesuai tingkat kesulitan medan lokasi yang harus dijangkau. 

Sedangkan TBS kelapa sawit yang ditampung sejumlah pengusaha PMKS di Nagan Raya sekarang ini berkisar antara Rp 1.660 sampai Rp 1.670 per kg.

Padahal, harga TBS kelapa sawit di tingkat petani Abdya sempat menembus rekor tertinggi pada pekan ketiga Januari lalu, dengan kisaran antara Rp 1.540  sampai Rp 1.600 per kg ditampung para agen pengepul. Sedangkan pengusaha PMKS di Nagan Raya saat itu menampung TBS kelapa sawit pada kisaran harga Rp 1.730 sampai Rp 1.740 per kg.(nun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved