Breaking News:

Jurnalisme Warga

Nurul Fikri, Pesantren di Kaki Bukit Barisan

Saya kepincut bersekolah di SMPIT Nurul Fikri karena keinginan pribadi untuk menuntut ilmu yang dipadukan antara ilmu dunia dengan akhirat

Nurul Fikri, Pesantren di Kaki Bukit Barisan
IST
MUHAMMAD KHALISH Al-GHAZIE, Santri Kelas VIII B SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh dan pegiat literasi, melaporkan dari Aceh Besar

OLEH MUHAMMAD KHALISH Al-GHAZIE, Santri Kelas VIII B SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh dan pegiat literasi, melaporkan dari Aceh Besar

Hai, perkenalkan nama saya Muhammad Khalis Al-Ghazie. Sekarang saya duduk di kelas VIII. Lebih kurang sudah belajar dua tahun di lembaga pendidikan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri Boarding School Aceh. Sekolah kami terletak di Kampong Lhang, Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar.

Saya kepincut bersekolah di SMPIT Nurul Fikri karena keinginan pribadi untuk menuntut ilmu yang dipadukan antara ilmu dunia dengan akhirat, tanpa ada paksaan orang tua atau ajakan teman. Awal mula mengenal sekolah ini saat masih di Sekolah Dasar (SD) yang dipromosikan tim sekolah. Saya sangat senang menjadi bagian dari keluarga besar Nurul Fikri.

Selain guru dan teman-teman belajar yang amat seru, hal yang paling mengesankan adalah pemandangan di sekitar sekolah terpadu ini. Sebab, sekolah kami berlokasi di kaki gunung yang merupakan bagian dari Bukit Barisan di bagian ujung Pulau Sumatera. Gunung dan lingkungan yang asri inilah yang membuat santri betah berada di asrama pesantren.

SMPIT Nurul Fikri memiliki program unggulan yang jarang ada di lembaga pendidikan lain. Di antaranya tahfiz Quran, bahasa internasional (Arab dan Inggris), bina pribadi Islam, budaya baca, dan kajian kitab kuning. Ini merupkan salah satu daya tarik para orang tua untuk memasukkan anaknya di sekolah yang berbasis tahfiz itu.

Selain mempunyai program unggulan seperti yang saya uraikan di atas, juga terdapat fasilitas yang tidak kalah menarik, yaitu masjid atau musala dilengkapi air conditioner (AC), ruangan kelas yang memadai, asrama ber-AC, dan perpustakaan yang dilengkapi aneka buku sebagai penunjang pembelajaran.

Pusat pelayanan laundry berbasis syariah juga ada, termasuk Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan komputer. Fasilitas yang membuat santri terasa hidup adalah lapangan olahraga seperti bola kaki, voli, basket, badminton, futsal, running track, jadi sangat cocok bagi pelajar yang hobi menjaga kebugaran tubuh lewat olahraga..

Soal tenaga pendidik tidak perlu diragukan lagi, sebab pengajarnya minimal telah menggunakan baju toga, alias sudah sarjana (S1). Bahkan ada juga yang telah menyelesaikan program pascasarjana, alias S2, seperti Ustaz Zikrullah Nuzuli, yang mengajar pelajaran bahasa Arab, juga merangkap sebagai wali kelas di kelas VIII. Ia pernah mendapatkan penghargaan guru terkece, wajar saja sebab mulai dari penampilan, pergaulan, dan tutur katanya yang bisa membuat dirinya menjadi sosok guru terkece.

Nah. Saya ingin sedikit mereportasekan kegiatan harian yang biasa kami lakukan. Di SMPIT Nurul Fikri terdapat banyak kegiatan harian yang bisa dilakukan oleh santri, mulai dari shalat Subuh hingga waktu istirahat tiba. Bakda subuh, seluruh santri melakukan beberapa kegiatan mandiri, yaitu sarapan, mandi, dan melakukan persiapan untuk masuk sekolah. Ketika bel berbunyi, petugas piket dari kalangan santri berdiri tegak di depan tangga menuju ke lantai dua, guna mencatat nama santri yang terlambat masuk ruang. Mereka yang telat, akan diberi sanksi berupa siraman rohani oleh pengajar pascashalat Isya.

Setelah dua jam belajar, seluruh santri diberikan waktu istirahat selama lebih kurang 45 menit. Selain jajan, para santri juga memanfaat waktu istirahat untuk salat Duha, berbincang-bincang, dan diskusi ringan untuk menumbuhkan semangat belajar. Diskusi memang kegiatan yang penting dihelat, sebab pengetahuan seseorang terbatas, dan akan sempurna ketika mendengar respons lawan bicara.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved