Breaking News:

Opini

Longsor Tanah (Landslide)

Longsor merupakan salah satu isu yang krusial, banyak negara menghadapi masalah longsor seperti Itali di Eropa, Taiwan di Asia Timur

Longsor Tanah (Landslide)
IST
KHAIZAL JAMALUDDIN, ST, M.SC,  Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala

OLEH KHAIZAL JAMALUDDIN, ST, M.SC,  Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala

Longsor merupakan salah satu isu yang krusial, banyak negara menghadapi masalah longsor seperti Itali di Eropa, Taiwan di Asia Timur yang kerap menghadapi hujan badai (storm) setiap tahunnya. Asia Tenggara di garis khatulistiwa di mana matahari lebih lama,

iklim tropis juga sering terjadi longsor. Indonesia menghadapi hujan badai yang kerap terjadi setiap tahunnya, zeperti hujan badai di 2017 menyebabkan longsornya lereng/tebing lintasan jalan nasional pegunungan Paro-Kulu Aceh Besar yang menyebabkan terganggunya akses lalu lintas.

Juga sering berita di Serambi terjadi lonsor di tempat lain di wilayah Aceh, misalnya di lintasan jalan Bireun-Takengon, lintasan jalan Babahrot Abdya-Terangon Blangkejereun yang memiliki bentang alam ekstrem, lintasan jalan Kota Blangkejeren-Pining-Lokop Aceh Timur juga sangat rawan longsor. Semua kejadian tersebut terjadi di musim penghujan dan hanya sedikit dilaporkan yang dipicu gempa bumi seperti gempa bumi Takengon 2013 yang menyebabkan longsor besar pada tebing gunung lembah Lut Tawar. Peristiwa-peristiwa longsor tersebut kadang-kadang menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang tidak sedikit.

Banyak longsor di negara lain, di lokasi lain di Indonesia menimbulkan korban jiwa. Longsor di Banjarnegara Jawa Tengah pada 12/12/2020 mengakibatkan satu dusun di kampung tersebut tertimbun tanah longsor, 35 rumah tertimbun longsor (berita VoA Indonesia). Longsor di Desa Lamkleng Aceh Besar juga baru saja terjadi pada 10/1/2021. Longsor tanah berhubungan dengan geomorfologi suatu lokasi, hidrologi (curah hujan) di daerah tersebut, lapisan tanah dan tumbuh tumbuhan (vegetasi) di lokasi longsor.

Geomorfologi

Berbagai bentuk permukaan bumi, bentang alam yang dipengaruhi proses kejadian muka bumi seperti bentang alam endapan di mana lapisan tanah terbentuk melalui media aliran yang membentuk endapan alluvial (alluvial fan) dan bentuk permukaan perbukitan dan pegunungan yang bentuk-bentuk perrmukaan tersebut dipengaruhi proses geomorfologi bumi. Berdasarkan geomorfologi, tujuh puluh persen wilayah Aceh termasuk perbukitan dan pegunungan di mana tentunya memiliki potensi terjadi longsor.

Dalam hal ini, wilayah tengah Aceh yang memiliki wilayah perbukitan dan pegunungan yang tentunya dipengaruhi tektonik patahan besar Sumatera dan memiliki potensi longsor yang dapat dipicu curah hujan maupun gempa bumi. Semua geomorfologi wilayah rentan longsor Aceh tidak terlepas dari patahan besar Sumatera (great Sumatera Fault). Oleh karena itu, menjadi penting mengenali wilayah-wilayah yang berpotensi longsor tersebut.

Hidrologi

Curah hujan memiliki kontribusi yang besar terhadap terjadinya longsor baik longsor tanah maupun longsor batu di lereng-lereng pegunungan. Lebih dari 70% kasus-kasus longsor penyebabnya adalah hujan deras. Hujan memiliki polanya dalam satu wilayah yang disebut

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved