Breaking News:

Berita Luar Negeri

Hasil Investigasi Media Malaysia, Etnis Rohingya Kabur dari Aceh ke Malaysia Bayar Rp 10 Juta

Sebelumnya, para pengungsi etnis Rohingya ini, membayar lebih dari Rp 17 juta untuk melakukan perjalanan ke Malaysia dari Bangladesh.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Muhammad Hadi
AFP
Hasil Investigasi Media Malaysia, Etnis Rohingya Kabur dari Aceh ke Malaysia Bayar Rp 10 Juta 

SERAMBINEWS.COM - Etnis Rohingya yang ditangkap di perairan Selangor, Malaysia (29/12/2020) lalu, saat melakukan penyeludupan dari Aceh disebut harus membayar Rp 10 Juta perorang untuk melakukan perjalanan ke Malaysia. 

Sebelumnya, para pengungsi etnis Rohingya ini, membayar lebih dari Rp 17 juta untuk melakukan perjalanan, dari tempat asal mereka yakni Bangladesh menuju kawasan Melayu.

Namun, saat melakukan perjalanan dari Bangladesh ke Malaysia, kapal yang mereka tumpangi terdampar di Perairan Aceh.

Untuk kembali ke Malaysia, mereka harus kembali membayar lebih kurang Rp 10 juta kepada agen, untuk menyeberang ke Malaysia.

Sehingga biaya yang telah mereka keluarkan lebih kurang Rp 27 juta. 

Saat melakukan penyeberangan ke Malaysia, para pengungsi Rohingya tertangkap pihak berwajib di perairan lepas Selangor, Malaysia, (29/12/2020). 

Kudeta Pemerintahan Aung di Myanmar, Muslim Rohingya Khawatir Militer Akan Lakukan Pembantaian Lagi

Melansir dari Berita Harian, Minggu (7/2/2021) Pengarah Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (Maritim Malaysia) Selangor, Kepten Mohammad Rosli Kassim menjelaskan terkait pembayaran tersebut.

Menurutnya, pembayaran untuk melakukan perjalanan diketahui setelah dilakukan penyelidikan kepada empat orang etnis Rohingya, yakni dua orang dewasa dan dua orang anak-anak saat berusaha menyelundup ke Malaysia.

"Mereka menyebut nama (individu yang diduga agen) yang sama, diduga menjadi agen perjalanan yang membawa pengungsi Rohingya dari Bangladesh ke Malaysia sebelum terdampar ke Perairan Aceh.

"Kuat dugaan, bayaran kepada agen perjalanan itu dilunasi oleh para keluarga mereka, yang sudah berada di Malaysia, sebelum para pengungsi masuk ke negara Malaysia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved