Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Lokakarya Mini Perdana, Puskesmas Lhang Evaluasi Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Setia

Pukesmas Lhang Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjadi yang pertama melaksanakan lokakarya mini (Lokmin) Lintas Sektor...

For Serambinews.com
Puskesmas Lhang, Kecamatan Setia menggelar lokakarya mini Lintas Sektor Perdana di Abdya, Senin (9/2/2021). 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Pukesmas Lhang Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjadi yang pertama melaksanakan lokakarya mini (Lokmin) Lintas Sektor dalam rangka mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan terhadap masyarakat setempat, Selasa (9/2/2021) di aula puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Lhang, dr Hessi Arfina mengatakan, Lokmin Lintas Sektor ini berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan tujuan untuk membawa manfaat kepada semua lapisan masyarakat di Kecamatan Setia.

Menurut Hessi, dengan adanya kegiatan tersebut, menjadi langkah strategis bagi Puskesmas untuk menentukan arah kebijakan kesehatan masyarakat yang lebih baik kedepannya.

"Kita berharap dengan adanya Lokmin ini, ada peningkatan derajat kesehatan masyarakat, secara khusus di Kecamatan Setia. Makanya hari ini kita undang Camat, Koramil dan Kapolsek serta para kepala Desa diwilayah setia agar dapat kita evaluasi bersama tentang pelayan kesehatan," ujar Dr Hessi pada acara yang juga dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Abdya, Mukhtaruddin SAg.

Hessi berharap dengan adanya kerjasama lintas sektoral itu, penanganan masalah kesehatan akan mudah ditangani hingga ke tingkat desa, terutama tentang peningkatan kinerja kader kesehatan melalui pihak desa yang juga ikut melakukan pemantauan.

"Masalah kesehatan ini, tidak hanya diselesaikan oleh tenaga kesehatan saja, tentu berkaitan dengan lingkungan dan sebagainya juga. Artinya semua pihak bisa ikut terlibat," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Setia Raipin mengatakan, masyarakat harus diberikan pemahaman yang kuat tentang bidang kesehatan, sehingga dapat memahami dengan benar bagaimana dalam menyikapi persoalan kesehatan, apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini.

"Maka kita tekankan agar partisipasi ini dijalankan, kesehatan tidak bisa berjalan dengan baik kalau masyarakat mengabaikan masalah kesehatan ini," tuturnya.

Lokmin ini, lanjut Raipin, juga bisa diteruskan kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk menyatukan tekat menuju Setia sehat dan juga perlu diberikan pemahaman. Apalagi saat ini, vaksin sinovac sudah diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya melalui Dinas Kesehatan setempat.

"Selama ini kita sudah sering mendengarkan bermacam macam opini terkait vaksin. Ini merupakan program pemerintah yang sudah ada aturannya. Jadi kita tidak perlu takut dan khawatir,” pungkasnya.(*)

VIDEO - Kisah Cinta Pemuda Terbang ke Turki Sendirian Demi Lamar Gadis Pujaan Hati

Contoh Soal CPNS serta Kunci Jawaban, Soal Terkait TWK UUD 1945

Wakil Menteri ATR/BPN RI Kunjungi Lahan Pemberdayaan Ekonomi Mantan Kombatan GAM di Pidie Jaya

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved