Breaking News:

Bupati Bireuen dan Pidie Jalin Kerjasama Tingkatkan Produktivitas Kakau Petani di Bireuen

Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dan Bupati Pidie Roni Ahmad SE, bekerjasama untuk membantu petani mengatasi hama penyakit,

FOR SERAMBINEWS.COM
Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi bersama Bupati Pidie Roni Ahmad SE demonstrasi aplikasi racikan pupuk alami untuk tanaman kakau, Senin (15/02/2021). 

BIREUEN - Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dan Bupati Pidie Roni Ahmad SE, bekerjasama untuk membantu petani mengatasi hama penyakit, sebagai u paya meningkatkan kembali produktivitas kakau dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di Bireuen.

Kerjasama tersebut diapli kasikan dengan me laksanakan demonstrasi apli kasi racikan pupuk alami pada tanaman kakao rakyat, oleh Bupati Pidie akrab disapa Abusyik, Senin (15/02/2021) pagi di kebun warga di Dusun Alue Ue, Gampong Bale Panah, Juli, Bireuen.

Kadistanbun Bireuen M Nasir SP MSM mengatakan, egiatan dihadiri Sekda, Asisten, Staf Ahli, kepala dinas terkait bireuen dan Pidie, juga Forkopimcam Juli, kepala BPP, menteri tani, PPL, perangkat gampong serta petani diantaranya mengatakan.

Selama ini produksi coklat di Bireuen terus menurun karena beberapa faktor yaitu kondisi tanah semakin keras dan miskin unsur hara, iklim dan cuaca, dahsyatnya serangan hama dan penyakit, sistem pemeliharaan dan perawatan tanaman belum optimal dilakukan petani kebun.

Bupati Pidie, Roni Ahmad SE mengatakan, kedatangannya ke Bireuen idak terlepas atas perhatian serius dari Bupati Bireuen, untuk mengatasi serangan hama penyakit dan meningkatkan produktivitas kakao milik masyarakat. “Terjadinya kerusakan unsur hara tanah itu juga disebabkan oleh kita sendiri karena kelebihan penggunaan racun ditanaman dan berbagai macam diberikan,” ungkap Abusyiek saat pertemuan di puncak bukit jalan kebun warga setempat.

Abusyik juga menyatakan dirinya siap untuk hadir kapan saja dibutuhkan petani di Bireuen dan juga pada bidang perikanan untuk mengatasi kendala petani tambak dalam membudidaya ikan dan udang, agar produksi dapat berjalan lancar.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dalam sambutannya diantaranya mengatakan Roni Ahmad Bupati Pidie memiliki rasa kepercayaan diri yang luar biasa berfi kir tentang upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat. Diharapkan melalui keahlian dimiliki oleh Bupati Pidie Roni Ahmad melakukan pencegahan secara alami ada terjadinya perubahan.

“Maka saya tertarik undang Abusyiek untuk sharing ilmu pengetahuan dimiliki kepada petani di Bireuen, saya juga berharap penyuluh amati pola yang dilakukan Abusyik ini,” ungkapnya. Kegiatan tersebut juga dirangkai serah terima alat semprot kepada petani, plakat antara Bupati Bireuen dan Bupati Pidie, lalu demonstrasi penyemprotan pupuk alami ke pohon coklat di kebun Salman (35) warga Bale Panah, Kecamatan Juli, Bireuen, oleh kedua Bupati dan petugas.(kbr)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved