Breaking News:

Rektor IPB Akan Resmikan Pembangunan Rumah Kasim Arifin,  Disiarkan Live di Facebook Serambinews

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria SP MSi dijadwalkan akan meletakkan batu pertama pembangunan rumah untuk keluarga

Editor: bakri
for serambinews.com
Foto banner sosialisasi Gerakan Berbagi untuk Muhammad Kasim Arifin yang disebarkan para alumni IPB. 

BANDA ACEH - Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria SP MSi dijadwalkan akan meletakkan batu pertama pembangunan rumah untuk keluarga almarhum Muhammad Kasim Arifin di Desa Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Jumat (19/2/2021).

Sekretaris Jenderal DPP Himpunan Alumni IPB, Ir H Walneg S Jas mengatakan, bagi keluarga besar alumni IPB, Kasim Arifin adalah pahlawan pertanian Indonesia. Atas jasa-jasanya dan kontribusi yang luar biasa, maka IPB memberikan penghargaan dengan membangun rumah untuk keluarga almarhum.

“Waktu beliau KKN Waimital, Maluku, itu 15 tahun tidak pulang hanya untuk membebaskan keterbelakangan masyarakat di sana. Mengangkat harkat dan kehidupan masyarakat di sana. Dia mengorbankan kuliahnya, keluarga, cita-cita, hanya untuk membebaskan masyarakat dari kemiskinan dan keterbelakangan. Itu kan manusia langka,” kata Walneg kepada Serambi melalui telepon seluler, Selasa (16/2/2021).

Baru setelah 15 tahun kemudian Kasim Arifin pulang ke almamaternya. Itu pun setelah Rektor IPB Prof Dr Andi Hakim Nasution kala itu mengirim utusan untuk membujuknya pulang guna menyelesaikan kuliah di IPB.

Walneg juga ingin mengabadikan jejak perjuangan Kasim Arifin dalam bentuk bangunan fisik atau semacam mini museum yang berisi kisah perjalanan sampai akhir hayat, kontribusi, kehidupan keluarga, hingga penghargaan-penghargaan yang diraih.

“Mungkin juga sedikit benda-benda yang bisa kita modifikasi, kita kumpulkan semasa beliau dulu di Waimintal. Dengan demikian akan menjadi pusat edukasi, pusat informasi dalam rangka mengenang legasi yang beliau buat. Jadi kira-kira ada satu ruangan khusus yang kita buat sebagai mini museum,” tandasnya.

Walneg juga mengaku bersyukur karena DPP Himpunan Alumni IPB yang menggerakkan seluruh alumni berhasil mengumpulkan sumbangan lebih dari Rp 200 juta hanya dalam waktu satu bulan penggalangan. Dia berharap bisa mendapatkan sumbangan hingga Rp 300 juta, sehingga bisa membangun sebuah rumah yang layak untuk istri dan anak-anak almarhum.

Selain meletakkan batu pertama pembangunan rumah Kasim Arifin, Rektor IPB juga dijadwalkan melantik Dewan Pengurus Daerah Himpunan Alumni (DPD HA) IPB Aceh periode 2021-2025 yang baru saja terpilih, yakni Abdus Syakur SPi MSi sebagai Ketua Umum dan Subhan Bakri SHut MSi sebagai Sekretaris Jenderal. Pada Sabtu (20/2/2021) pagi Prof Arif Satria juga dijadwalkan memberikan kuliah umum tentang ”Transformasi Agro-Maritim 4.0" di Universitas Syiah Kuala.

Rencananya prosesi peletakan batu pertama pembangunan rumah tersebutakan disiarkan secara live melalui Facebook Serambinews pada Jumat (19/2/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.(sak)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved