Breaking News:

Berita Pidie Jaya

Pimpinan DPRK Pidie Jaya Pertanyakan Kelayakan Penyaluran Dana Senif Gharim

Dewan pengawas, para asisten, serta inspesktur dipanggil guna memberi penjelasan atas pencairan dana umat kepada tiga komisioner Baitul Mal.

Serambinews.com
KETUA DPRK Pidie Jaya, Abdul Kadir Jailani 

Laporan Idris Ismail | Pidie Jaya 

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Pidie Jaya, Kamis (18/2/2021) memanggil Dewan Pengawas (DP) Baitul Mal (BM) kabupaten setempat guna memberi penjelasan terhadap peran kinerja selama ini atas kejadian tiga Komisioner BM serta pumpinan Taman Pengajar Al-Quran menerima dana senif Gharim (Hutang) pada akhir 2020 lalu sebesar Rp 24,5 juta.

Ketua DPRK Pijay, Abdul Qadir Jailani kepada Serambinews.com Kamis (18/2/2021) mengatakan, pemanggilan pengawas ini untuk mempertayakan peran atau fungsi  DP BM yang selama ini bertugas dalam mengawasi kinerja para komisioner BM atas kebijakan terhadap penyaluran dana senif gharim pada alokasi dana 2020 lalu  kepada empat penerima Rp 24,5 juta. 

"Dalam padangan kelayakan secara syariat memang penyaluran zakat pada senif gharim telah sesui namun adap beberapa pertimbangan moralitas lainnya yang patut menadapat kajian secara fungsi sosial atau publik yang patut di perrayakan kembali," sebutnya.

Menurut A Kadir Jailani, dalam pemanggilan ini, semua DP serta para asisten, serta inspesktur, patut dipanggil guna memberikan dalil logis atas dasar realisasi pencairan dana umat ini kepada tiga komisioner BM.

Selain itu juga pemanggilan ini atas menindaklanjuti hasil rapat dari pihak Komisi A dengan lembaga BM pasca maraknya pemberitaan dimedia cetak dan elektronik tentang pemberitaan alikasi dana senif atau bagian gharim yang tidak tepat sasaran. 

Diakuinya, jika disebutkan layak memang layak, namun ada hal pertimbangan yang jauh lebih layak lagi menerima ketimbang para komisoner. 

"Memang ini sangat tergantung pada niat masing-masing jiwa kita dan dalam hal ini sejatinya dapat berkiblat pada sosok Amirul mukminin Sayidina Umar Bin Khatab yang merupakan orang yang terakhir paling kenyang ketika mengurus persoalan umat," ungkapnya.(*) 

Baca juga: Lapak Jualan di Lantai Dua Pasar Peunayong Banda Aceh Terbakar, Sering Dijadikan Tempat Anak Punk

Baca juga: VIDEO Diduga Dibunuh, Mayat Pedagang asal Aceh Utara di Temukan Dalam Jurang

Baca juga: Gelombang di Perairan Aceh Utara Diprediksi Capai 3,5 Meter Tiga Hari Mendatang, Ini Imbauan BMKG

Baca juga: Arab Saudi Mengincar Mahkota Dubai, Rebut Dominasi Sebagai Pusat Komersial dan Finansial

Penulis: Idris Ismail
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved