Breaking News:

SJK: Koran Serambi Harus Terus Hidup, Refleksi HUT Ke-32

Syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-32 Serambi Indonesia digelar secara sederhana, di pelataran parkir

SERAMBI/HENDRI
Pemimpin Umum Serambi Indonesia, H Samsul Kahar, didampingi, Pemimpin Redaksi, Zainal Arifin M Nur, dan Pemimpin Perusahaan, Mohd Din, mengambilkupon doorprize pada acara syukuran HUT Ke-32 Serambi di Kantor Serambi Indonesia, Meunasah Manyang Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (18/2/2021). 

BANDA ACEH - Syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-32 Serambi Indonesia digelar secara sederhana, di pelataran parkir Kantor Serambi, Desa Meunasah Manyang Pagar Air, Kecamatan Ingin Jata, Aceh Besar, Kamis (18/2/2021). Acara yang ditutup dengan makan siang bersama tersebut juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize untuk para karyawan yang terpilih melalui proses pengundian. Ada berbagai hadiah menarik yang disiapkan oleh pihak perusahaan.

Pengundian doorprize dilakukan oleh Pemimpin Umum Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar, Pemimpin Redaksi, Zainal Arifin M Nur, Pemimpin Perusahaan, Mohd Din, dan News Manajer, Bukhari M Ali. Acara itu berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan penuh keakraban.

Sebelum sampai pada acara pengundian doorprize dan makan bersama, Pemimpin Umum Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar (SJK), menyampaikan sambutan dan arahan. Di awal pidatonya, H Sjamsul Kahar tidak lupa menyebut sejumlah nama wartawan dan karyawan Serambi yang kini sudah pensiun.

H Sjamsul Kahar menyampaikan, kiprah Serambi Indonesia harus terus berlanjut meski karyawannya sudah berganti karena secara periodik ada yang memasuki masa pensiun. Harus diakui, lanjut H Sjamsul Kahar, Serambi sudah melewati berbagi tantangan pahit getir seperti fase krisis moneter, konflik, tsunami, hingga perdamaian.

"32 tahun bukanlah masa yang sedikit. Saya selalu teringat pada suatu ketika dulu, saya katakan dari lubuk hati saya yang paling dalam bahwa saya berharap agar Serambi ini harus berjalan terus siumu masa (seumur masa-red). Generasi demi generasi boleh berganti, tapi Serambi harus berjalan terus," tegas tokoh pers Aceh, ini.

Sekarang, lanjut H Sjamsul Kahar, beberapa orang dari generasi pertama berdirinya Serambi sudah mulai berganti dengan wartawan muda untuk melanjutkan estafet kepemimpinan PT Aceh Media Grafika--perusahaan yang menaungi Serambi Indonesia (koran), Serambinews.com (online), Prohaba, Radio Serambi FM, Serambi On TV, dan Toko Buku Zikra.

Dalam kesempatan yang sama, H Sjamsul Kahar juga mengingatkan bahwa saat ini perusahaan memasuki fase yang sangat krusial. Fase yang dimaksud adalah hampir seluruh dunia menghadapi wabah Covid-19 dan transformasi digital dimana media penyampaian informasi sudah beralih ke digital atau online. 

Kini, sebut H Sjamsul Kahar, banyak media di dalam dan luar negeri yang terpaksa tutup akibat hantaman perubahan. "Kita tidak tahu bagaimana ke depan. Tapi, kita sangat berharap dan berdoa kepada Allah SWT supaya fase yang cukup krusial ini bisa kita lewati dan jalani bersama," ujar H Sjamsul Kahar yang merupakan perintis/pendiri Serambi Indonesia bersama M Nourhalidyn (almarhum).

Sebelum mengakhiri sambutannya, H Sjamsul Kahar mengajak semua wartawan dan karyawan untuk fokus berfikir bagaimana caranya agar Serambi tetap bisa berjalan dengan melalui berbagai tantangan, terutama perubahan teknologi.

"Semua karyawan sudah harus berfikir pola digital, terutama sajian koran yang dulu disiapkan untuk cetak, sekarang harus disiapkan juga untuk online. Saya tetap berdoa agar upaya yang kita lakukan sekarang diridhai oleh Allah SWT," kata H Sjamsul Kahar memberi semangat.

"Jangan patah semangat, jangan putus asa, koran cetak tetap akan jalan terus dengan semangat generasi yang akan datang. Jadi, Serambi tetap akan ada terus dengan perjuangan kita bersama. Mudah-mudahan, koran cetak yang menjadi simbol sejarah berdirinya Serambi tetap akan eksis. Sementara media online kita tetap bisa terus berjaya," demikian H Sjamsul Kahar. (mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved