Breaking News:

Dr H M Bakry Usman Khatib di Sabang

Cendekiawan Aceh Dr H Muhammad Bakry Usman M.Si, PhD, menyampaikan khutbah Jumat (18/2) di Masjid Jami’ Ar Rahman

Dr H M Bakry Usman Khatib di Sabang
FOR SERAMBINEWS.COM

BANDA ACEH - Cendekiawan Aceh Dr H Muhammad Bakry Usman M.Si, PhD, menyampaikan khutbah Jumat (18/2) di Masjid Jami’ Ar Rahman, Kota Sabang.

Dalam khutbahnya, ia menyampaikan lima hal yaitu, pertama: bebas dari kefakiran, kedua: bebas dari siksa kubur, ketiga: melewati jembatan shirat, keempat: menerima buku catatan amal. Haji Bakri Usman mengatakan cara menerima buku catatan amal berbeda-beda.

Barang siapa yang menerima catatan amal dengan tangan kanan, maka ia adalah penghuni surga, sedangkan yang menerima buku catatan amal dengan tangan kiri adalah penghuni neraka. Sebagaimana fi rman Allah Ta’ala: “Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama- sama beriman) dengan gembira.” (QS. Al-Insyiqaaq: 7-9) Kemudian yang kelima, masuk surga tanpa hisab.

Ia mengingatkan, yang pertama sekali diperiksa di hari akhirat adalah shalat. “Kalau shalatnya sudah benar, yang lain diperiksa belakangan”, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Doktor lulusan University Utara Malaysia ini yang juga lulusan Doktor Dr H M Bakry Usman Khatib di Sabang Universitas Malang, Jawa Timur, dengan mengutip hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya; “Barangsiapa yang melaksanakan shalat Isya berjamaah, maka seolah ia telah melaksanakan shalat separuh malam. Dan barangsiapa yang melaksanakan shalat Shubuh berjamaah, maka seolah ia telah melaksanakan shalat semalam penuh”. (HR Muslim).

Di akhir khutbahnya, Dr HM Bakry Usman, M.Si, Ph.D yang juga pemilik sejumlah Perguruan Tinggi Swasta di Banda Aceh itu mengingatkan kembali tentang kewajiban shalat. Ia mengutip hadits: “Sesungguhnya, batas antara seseorang dengan kemusyrikan dan kekafi ran adalah meninggalkan shalat. (HR Tirmidzi). (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved