Breaking News:

Hari Peduli Sampah

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Aceh Dipusatkan di Takengon

Hana menjelaskan, HPSN setiap tahunnya diperingati dan lokasinya dilakukan secara bergilir, melalui rapat Dinas DLHK se-Aceh. Pada peringatan HPSN 202

SERAMBINEWS.COM/ SA'DUL BAHRI
Sekda Aceh Barat Marhaban dan pengurus KSM Kandeh Adipura melakukan uji coba pengolahan sampah plastik di TPS 3R di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (24/11/2020). 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Abdul Hanan MP mengatakan acara Peringatan Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2021 ini, untuk Provinsi Aceh, akan diselenggarakan di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, pada 1 Maret 2021 mendatang.

“Ditetapkannya Aceh Tengah sebagai tempat penyelenggaraan Peringtan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021, merupakan hasil rapat seluruh Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kabupaten/Kota, pada penyelenggaraan HPSN 2020 lalu di Kota Meulaboh, Aceh Barat,” kata Abdul Hanan kepada Serambinews.com, Minggu (21/2), ketika dimintai penjelasannya terkait penyelenggaraan HPSN tahun 2021 di Aceh.

Hana menjelaskan, HPSN setiap tahunnya diperingati dan lokasinya dilakukan secara bergilir, melalui rapat Dinas DLHK se-Aceh. Pada peringatan HPSN 2021 ini, tema yang diusung adalah ”Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi".

Tema ini dibuat salah satu tujuannya adalah untuk memotivasi masyarakat mengolah sampah yang masih bernilai ekonomi menjadi bahan baku ekonomi untuk peningkatan pendapatannya di masa pandemi covid 19.

Dalam era ekonomi kreatif dan inovasi saat ini, kata Abdul Hanan, sampah rumah tangga, industri makanan dan minuman, berupa kaleng bekas minuman, botol, kotak, karton dan kardus, pembungkus produk industri bekas kemasan, drum minyak, ban bekas dan banyak lagi lainnya, yang telah masuk kategori sampah, setelah diolah menjadi berbagai bahan baku kerajinan, sampah bekas itu, menjadi produk seni yang bernilai ekonomi tinggi.

Misalnya ban bekas, bisa dibuat berbagai kerajinan pot bunga dan lainnya, drum oil bekas bisa dijadikan berbagai bentuk kursi, meja dan lainnya, oleh orang-orang yang memiliki inovasi kreatif dan seni yang tinggi.

Kemudian di berbagai daerah di Pulau Jawa, samah juga sudah banyak dijadikan sebagai bahan bakar pembantu industri semen dan lainnya, setelah dikeringkan dan di pak-pak.

Ada juga yang dilakukan daur ulang kembali, seperti sampah botol plastik minuman mineral, penambahn energi, dan lainnya.

Jual Senjata Api dan Amunisi ke KKB di Papua, 2 Anggota Polisi di Ambon Ditangkap

Darmawi, Pria Setengah Abad Lebih yang Sudah Jadi Agen Serambi Sejak Remaja, Kini juga Jabat Sekdes

Menaker Ida Fauziyah Usahakan BLT Subsidi Gaji Akan Cair di 2021, Ini Syaratnya

Sebagai pedoman pengolahan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir, telah ada Peraturan Presiden RI Nomor 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategis Nasional (Jakstrannas) Pengeloahan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, Peraturan Gubernur Aceh Nomor 138 tahun 2018 tentang Kebijkan dan Strategis Sampah Rumah Tangga serta Surat Edaran Gubernur Aceh Nomor 660/3020 tanggal 18 Februari 2020 tentang Gerakan Pengurangan Plastik Sekali Pakai di Wilayah Provinsi Aceh.

Halaman
12
Penulis: Herianto
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved