Breaking News:

Zulfikar Aziz Minta Cagar Budaya Dilestarikan

Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zulfikar Aziz SE, meminta Pemkab Aceh Aceh Besar maupun Pemprov Aceh melestarikan cagar budaya di Aceh Besar

Zulfikar Aziz Minta Cagar Budaya Dilestarikan
FOR SERAMBINEWS.COM
Zulfikar Aziz SE

JANTHO - Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zulfikar Aziz SE, meminta Pemkab Aceh Aceh Besar maupun Pemprov Aceh melestarikan cagar budaya di Aceh Besar. Ia menilai selama ini cagar budaya di Aceh Besar kurang diperhatikan dan terkesan dibiarkan tak terurus atau tak dibenahi.

“Aceh Besar memiliki banyak cagar budaya yang memiliki nilai sejarah nasional. Tetapi, kurang diperhatikan dan dilestarikan,” kata Zulfi kar Aziz, Sabtu (20/2/2021). Sekretaris DPD PKS Aceh Besar ini mengatakan cagar budaya di Aceh Besar harus didata secara menyeluruh dan memberikan plang nama agar diketahui masyarakat umum.

Menurut Zulfi kar, bukan tak mungkin banyak situs bersejarah di Aceh Besar bakal terancam hilang unsur-unsur sejarahnya, jika kondisi ini dibiarkan tanpa ada upaya serius pemerintah. Termasuk dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Provinsi Aceh, Mawardi Umar, mengatakan, Pemkab/ Pemko di Aceh, termasuk di Aceh Besar harus mendata cagar budaya di wilayah mereka masing- masing. Kemudian, kata dia, mengajukan ke tenaga ahli cagar budaya (TACB) Provinsi Aceh untuk dibuat rekomendasi dan selajutnya ditetapkan oleh Bupati/Wakil Kota.

Misalnya, terhadap situs sejarah yang akan ditingkatkan statusnya ke Pemerintah Aceh maupun nasional. Secara terpisah, Kasi Cagar Budaya dan Museum Disdikbud Aceh Besar, Muslim SPdi, mengatakan pihaknya sejak 2019 sudah mengusulkan agar cagar budaya mendapat pengakuan dari bupati.

“Harapan kita agar Pemkab Aceh Besar bisa mempercepat terciptanya tim pendataan situs cagar budaya Aceh Besar. Kemudian dengan adanya Tim Pengelolaan Cagar Budaya (TPCB) sebagai cikal bakal pelestarian situs cagar budaya, maka bisa diplot dana dari APBD, Otsus Aceh serta APBN untuk pelestariannya,” kata Muslim. Muslim menambahkan situs cagar budaya di Aceh Besar mencapai 310. Dari jumlah itu, kita usulkan dulu ke Pemerintah Aceh untuk mendapat pengakuan 139 situs sejarah. (dab/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved