Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Dandim 0106/Aceh Tengah Ingatkan Warga tak Bakar Lahan Sembarangan

Komandan Kodim (Dandim) 0106/Aceh Tengah, mengingatkan agar warga tidak membakar lahan sembarangan ketika melakukan pembukaan...

For Serambinews.com
Anggota Koramil Pameu melakukan pemadaman api yang membakar kawasan lahan di Kemukiman Pameu, Kecamatan Rusip Antara, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (21/2/2021). 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Komandan Kodim (Dandim) 0106/Aceh Tengah, mengingatkan agar warga tidak membakar lahan sembarangan ketika melakukan pembukaan maupun pembersihan lahan mengingat kondisi telah memasuki cuaca panas sehingga rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Selain cuaca memasuki musim kemarau, tiupan angin kencang juga bisa memicu meluasnya kebakaran sehingga perlu diantisifasi sejak dini.

“Siapa saja masyarakat Aceh Tengah boleh berkebun. Tetapi caranya tidak dengan membakar lahan,” imbau Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan, Senin (22/2/2021).

Menurut Teddy Sofyan, beberapa daerah di Aceh Tengah, merupakan kawasan yang rawan terjadinya kebakaran, apalagi di setiap memasuki musim kemarau. Untuk itu, perlu diwaspadai serta diantisifasi sehingga potensi karhutla bisa dihindari. “Mari kita saling menjaga untuk memperkecil terjadinya karhutla. Jadi, dilarang keras untuk membakar,” ajaknya.

Diceritakan Dandim 0106/Aceh Tengah ini, seperti kebakaran lahan di kawasan Kemukiman Pame, Kecamatan Rusip Antara, pada Minggu (21/2/2021) yang dipicu oleh aktifitas salah seorang warga setempat,ketika melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar rerumputan dan ranting kering.

Akibatnya, api membesar dan merembet ke lahan hutan di Kampung Blang Polim Pemukiman Pame.

“Awalnya warga ini ingin membuka kebun. Tapi agar lahanya cepat bersih, sehingga dilakukan pembakaran rumput serta ranting yang sudah kering. Tapi, kobaran api semakin besar menjalar ke lahan lainnya,” ungkap Teddy Sofyan.

Untungnya, lanjut Teddy Sofyan, warga cepat melapor kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, sehingga titik api cepat dipadamkan. “Alhamdulillah walaupun hanya menggunakan alat seadanya, titik api dapat dipadamkan, meskipun lokasi kebakaran agak sulit dijangkau karena berada diatas perbukitan,” ucapnya.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan apresiasi kepada prajuritnya, Babinsa Koramil/Pame bersama BhabinKamtibmas yang telah melakukan pemadaman titik api di lokasi terjadi kebakaran lahan di Kemukiman Pame. “Respon cepat diperlukan sehingga bisa mengurangi dampak dari kebakaran,” pungkasnya.(*)

Baca juga: Rektor IPB University Berkunjung ke Rumoh PISPI Aceh

Baca juga: Siap-siap! Pidie Buka Formasi Lowongan CPNS 2021, Terbanyak Guru, Disusul Akuntan dan Kesehatan

Baca juga: Lima Pemuda Gunakan Dua Speed Boat Ditangkap TNI AL Saat Mencuri Besi Seling di Selat Singapura

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved