Breaking News:

Aminullah Pimpin PAN Banda Aceh

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) mengumumkan tim formatur untuk 23 DPD PAN kabupaten/kota

SERAMBI/MASRIZAL
Ketua DPW PAN Aceh, Mawardi Ali bersama Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengikuti musda bersama yang digelar secara virtual di Hotel Oasis, Banda Aceh, Senin (22/2/2021). 

BANDA ACEH - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) mengumumkan tim formatur untuk 23 DPD PAN kabupaten/kota dalam musyawarah daerah (musda) bersama yang digelar secara virtual, Senin (22/2/2021). Zulhas juga menunjuk Aminullah Usman sebagai Ketua DPD PAN Banda Aceh.

Kegiatan itu turut disaksikan oleh Ketua dan Sekretaris DPW PAN Aceh, Mawardi Ali dan T Hasbullah HD bersama pengurus secara daring dari Hotel Oasis. Sedangkan pengurus DPD PAN kabupaten/kota mengikutinya dari kantor masing-masing.

Pelaksanaan musda kali ini berbeda dari sebelumnya dimana tidak ada lagi sistem pemilihan, tapi penunjukan langsung dari DPP. Musda tersebut dilaksanakan bersamaan dengan musda kabupaten/kota dari tiga provinsi lain yaitu Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Kalimantan Utara.

Dari 23 kabupaten/kota, Zulhas hanya menetapkan enam ketua formatur/DPD yaitu Ketua PAN Banda Aceh Aminullah Usman yang saat ini menjabat Wali Kota Banda Aceh menggantikan Zainal Arifin yang saat ini menjabat wakil wali kota setempat.

Pergantian tampuk kepemimpinan PAN Banda Aceh sedikit mengejutkan mengingat Aminullah dikenal bukan orang partai. Akan tetapi, dalam proses pendaftaran lalu, PAN membuka kesempatan bagi tokoh masyarakat, tidak hanya kader, untuk ikut mendaftar sebagai calon formatur/ketua DPD.

Selain itu, Zulhas juga menetapkan Ketua PAN Aceh Besar Iskandar Ali yang saat ini menjabat Ketua DPRK setempat, Ketua PAN Sabang M Rizki Setiawan, Ketua PAN Aceh Barat HT Alaidinsyah, Ketua PAN Aceh Selatan Irpanussir (Bendahara DPW PAN Aceh), dan Ketua PAN Subulussalam Dewita Karya.

Dalam kesempatan itu,  Zulhas juga menetapkan Muslim Ayub sebagai Ketua Majelis Penasihat Partai Daerah (MPPD) PAN Banda Aceh. Sedangkan khusus untuk Aceh Selatan, Zulhas langsung menetapkan Amir Muliadi sebagai Sekretaris DPD.

Para ketua terpilih dibantu tim formatur diminta untuk menyusun kepengurusan paling lama dua minggu. Sementara kabupaten/kota yang belum ada ketua terpilih agar melakukan musyawarah formatur untuk memilih ketua partai.

Dalam sambutannya, Zulhas didampingi pengurus DPP menyampaikan penekanan kepada ketua dan formatur terpilih agar dalam penyusunan pengurus merekrut para mantan kepala desa (kades) atau kades yang masih aktif minimal 10 orang.

Selain itu, Zulhas juga meminta tim penyusun pengurus untuk mencari 10 orang perempuan dari kalangan ibu-ibu majelis taklim. "Kalau pengurusnya 50 orang, maka 30 lagi bisa cari tokoh-tokoh PAN, tokoh masyarakat, orang partai politik yang mau bergabung dengan PAN dan orang yang dianggap layak," katanya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved