Breaking News:

LPKA Banda Aceh, "Penjara" Khusus Anak Tanpa Pagar

Lembaga ini tidak saja merupakan LPKA satu-satunya di Aceh, tetapi juga sekaligus satu-satunya LPKA di Indonesia yang dibiarkan tanpa pagar.

Dok. Pribadi Mohammad Muchidin - Serambinew.com/YARMEN DINAMIKA
Gedung Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh di Gampong Bineh Blang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Di lembaga yang diresmikan tahun 2018 ini "dibina" 26 anak yang bermasalah dengan hukum dari seluruh Aceh. 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tahukah Anda di mana anak-anak yang bermasalah dengan hukum dari seluruh Aceh, setelah divonis bersalah dan putusannya memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah), menjalani masa hukuman atau pembinaan?

Mereka semua ditampung untuk dibina di sebuah tempat yang dinamakan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Lembaga ini diresmikan tahun 2018, berkedudukan di Banda Aceh, tetapi lokasinya berada di wilayah Aceh Besar. Tepatnya di Gampong Bineh Blang, Kecamatan Ingin Jaya, berdampingan dengan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Banda Aceh.

Sama-sama berada di daerah yang dikelilingi sawah dan pada ruas jalan yang sama, tetapi ada perbedaan yang sangat kontras antara LP Kelas II A dengan LPKA Kelas ll Banda Aceh.

Perbedaan yang paling menonjol dari kedua bangunan ini bukan saja pada kategori umur penghuninya, melainkan juga terletak pada pagarnya. LP Banda Aceh dikelilingi beton setinggi 8 meter, sedangkan bangunan LPKA sama sekali tidak berpagar.

Baca juga: Viral Polisi Sita Perahu Karet dan Lucuti Atribut FPI saat Evakuasi Banjir, Begini Klarifikasinya

Baca juga: Usut Proyek Bronjong Ambruk di Aceh Tenggara, Polda Periksa 28 Saksi, Begini Penjelasan Kabid Humas

Lembaga ini tidak saja merupakan LPKA satu-satunya di Aceh, tetapi juga sekaligus satu-satunya LPKA di Indonesia yang dibiarkan tanpa pagar.

Pertanyaannya, tak adakah anak-anak yang "menjalani masa hukuman" di sana yang melarikan diri? Bukankah tak ada halangan bagi mereka untuk kabur kapan saja dari bangunan tanpa pagar itu?

Ternyata, "Alhamdulillah, tak ada seorang pun anak yang berupaya melarikan diri dari tempat ini," kata Kepala LPKA Banda Aceh, Mohammad Muhidin BcIP SH (55), menjawab Serambinews.com di Banda Aceh, Selasa (23/2/2021) pagi.

Saat ini ada 26 anak dari berbagai kabupaten/kota di Aceh yang menjalani masa pembinaan di lembaga tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved