Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Oprit Jembatan ke Objek Wisata Gunung Pandan Longsor

Awalnya lubang yang disebabkan longsor di bagian oprit hanya kecil, namun karena dibiarkan membuat lubang terus melebar.

Serambinews.com
Kondisi oprit jembatan di Dusun Gunung Pandan, Aceh Tamiang terlihat berlubang setelah dihantam banjir pada Desember 2020 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Oprit jembatan menuju objek wisata Gunung Pandan di Kampung Selamat, Tenggulun, Aceh Tamiang longsor akibat gerusan air sungai.

Kondisi ini dilaporkan sudah berlangsung sejak dua bulan lalu, ketika kawasan itu dilanda banjir.

Warga setempat menjelaskan awalnya lubang yang disebabkan longsor di bagian oprit hanya kecil, namun karena dibiarkan membuat lubang melebar hingga nyaris menyentuh seluruh badan jalan.

“Dibanding sebulan lalu, lebar lubangnya semakin lebar, tinggal menyisakan untuk satu mobil,” kata Ijal, warga setempat, Selasa (23/2/2021).

Dia mengatakan jembatan itu memiliki peran penting karena akses utama menuju objek wisata Gunung Pandan. Setiap akhir pekan, puluhan kendaraan wisatawan selalu melintas di atas jembatan yang diapit perkebunan kelapa sawit itu.

Dia pun menyarankan perbaikan jembatan nantinya diiringi dengan pengerukan alur sungai. Posisi jembatan yang berada persis di tikungan sungai disebutnya turut menjadi faktor pendukung longsornya oprit.

“Jembatan itu berada di pengkolan sungai, jadi ketika air deras langsung menghantam oprit. Makanya nanti alur sungai perlu diluruskan,” ungkapnya.

Baca juga: Penggali Sumur Bunuh Temannya Pakai Balok Kayu, Cemburu Karena Istrinya Sering Ditelepon

Baca juga: Viral Kakek Ini Punya Uang Berkarung-karung, Butuh 16 Orang untuk Menghitung, Lurah Ungkap Sumbernya

Baca juga: Nelayan dari Toba Cabuli Putri Kandung 10 Kali, Istri Tolak Berhubungan karena Tak Ada Uang Belanja

Baca juga: Turki Tuduh Jet Tempur Yunani Ganggu Kapal Penelitian di Laut Aegean

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Aceh Tamiang, Baihaki Ahyat ketika dikonfirmasi mengaku baru mengetahui kondisi jembatan itu karena sejauh ini belum ada pihak yang menginformasikan ke pihaknya. 

Berdasarkan amatan melalui foto, Baihaki menjelaskan perbaikan oprit bisa dilakukan dengan cara penimbunan.

“Saya baru tahu ini, kalau begini kondisinya nanti kita timbun. Dalam waktu dekat ini langsung kita kerjakan,” kata Baihaki.

Pemandian Gunung Pandan merupakan salah satu lokasi objek wisata favorit di Aceh Tamiang. Setiap akhir pekan, wisatawan lokal maupun dari Sumatera Utara selalu meramaikan objek wisata ini.

Belakangan lokasi ini juga kerap dijadikan titik kegiatan sejumlah instansi di Pemkab Aceh Tamiang. Selain menyuguhkan keindahan alam natural, keunggulan objek wisata ini telah didukung sarana transportasi yang memadai.(*)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved