Breaking News:

Bener Meriah Kembangkan Destinasi Wisata Baru

Pemkab Bener Meriah terus melakukan terobosan untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di kabupaten berjuluk ‘Negeri di Atas Awan’

For Serambinews.com
Bupati Bener Meriah Tgk. Sarkawi didampingi Wakil Bupati Terpilih, Dailami, dan Kadis Pariwisata, Irmansyah, menerima cenderamata dari Pemred Serambi Indonsia, Zainal Arifin M Nur, setelah acara podcast di homestay Rembele, Bener Meriah, Kamis (25/2/2021). 

REDELONG - Pemkab Bener Meriah terus melakukan terobosan untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di kabupaten berjuluk ‘Negeri di Atas Awan’ ini. Harapannya, ke depan Bener Meriah tidak hanya dikenal karena kopi, tapi juga sebagai daerah tujuan wisata utama di Provinsi Aceh.

Hal itu disampaikan Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi dalam bincang podcast "Membangun Agrowisata Bener Meriah" yang disiarkan langsung di laman Facebook Serambinews.com, Kamis (25/2/2021). Dalam podcast yang dipandu langsung oleh Pemred Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, Bupati Sarkawi didampingi oleh Wakil Bupati terpilih Dailami, Kepala Dinas Pariwisata, Irmansyah, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ruslan, serta beberapa pejabat lainnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Cafe Rembele ini, Bupati Sarkawi menyebutkan, beberapa destinasi baru wisata Bener Meriah yang dikembangkan antara lain, Danau Lut Atas di ketinggian 2000 mdpl, air terjun Berawang Tampu, dan Damaran Baru Eco Village. Selain itu, Pemkab Bener Meriah juga membenahi beberapa destinasi yang sudah ada, seperti Tugu Radio Rimba Raya, Arung Jeram, gunung berapi Burni Telong, Wisata Gajah, wisata air panas, dan lainnya.

"Insya Allah kita sudah siap menyambut kedatangan wisatawan. Kami harapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Aceh, khususnya Bener Meriah, agar wabah Covid-19 segera berakhir, sehingga aktivitas dan perekonomian masyarakat segera berputar kembali," ungkap Bupati yang akrab dipanggil Abuya ini.

Selain menyiapkan dan membenahi destinasi wisata, Bener Meriah juga mengembangkan agrowisata, seperti wisata di kebun kopi, kebun stoberry, kebuk jeruk, dan juga pisang cavendis.

Menjawab Pemred Serambi, Bupati Sarkawi dan Wakil Bupati Dailami juga menyampaikan tentang kesiapan masyarakat Bener Meriah untuk menyambut kedatangan tamu. Selain menyediakan homestay, masyarakat juga telah menghasilkan berbagai cendera mata, terutama suvenir bermotif kerawang Gayo yang sudah terkenal ke mancanegara.

Di akhir podcast, Bupati Sarkawi masih sangat berharap kepada Pemerintah Aceh membantu pembangunan infrastruktur guna mendukung pengembangan pariwisata di Bener Meriah.

Sementara itu, Pemred Serambi Indonesia Zainal Arifin M Nur dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi terhadap kondisi Bener Meriah yang kini telah semakin berkembang. "Yang paling kami rasakan adalah kehadiran beberapa homestay yang sudah sangat representatif," ujarnya.

Zainal bercerita tentang pengalamannya ketika dua tahun lalu berkunjung bersama keluarganya ke Bener Meriah. "Saat itu kami kesulitan mencari penginapan di sini. Alhamdulillah, tadi malam kami menginap di homestay yang sudah standar penginapan di daerah wisata," ungkap Zainal.

Sekedar diketahui, selain hotel kelas melati, di Redelong (ibu kota Bener Meriah) kini telah tersedia beberapa homestay yang representatif, tepat di bagian luar ujung landasan pacu Bandara Rembele, dan beberapa lokasi lainnya. Pada musim libur akhir tahun 2020 lalu, seluruh penginapan ini full karena ramainya kunjungan wisatawan ke wilayah Dataran Tinggi Gayo.

"Setiap kali ada event wisata, seluruh penginapan ini full," timpal Kadis Pariwisata Bener Meriah, Irmansyah sembari mengatakan pihaknya sudah memiliki agenda event wisata pada tahun 2021 ini.

Usai pertemuan dengan Bupati Sarkawi dan Wabup Dailami, Kadis Pariwisata Bener Meriah mengajak Pemred Serambi Indonesia untuk berkunjung ke Danau Lut Atas yang berada di atas ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl). "Alhamdulillah tahun 2020 lalu kita sudah membuka jalan ke sini dan baru tahap pengerasan. Mudah-mudahan tahun ini bisa teraspal hotmix," ujarnya.

Selain ke Danau Lut Atas, Irmansyah juga mengajak rombongan Serambi berkunjung ke masjid peninggalan Ir Joko Widodo (Jokowi), di Bale Atu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah. Untuk diketahui, Jokowi  yang kini menjabat Presiden RI, pernah 3 tahun tinggal di Bener Meriah pada akhir tahun 1980-an.(bud)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved