Breaking News:

Perekaman e KTP

Disdukcapil Pijay Sasar Perekaman e-KTP untuk Usia 17 Tahun

Untuk perekaman e-KTP bagi para pemula tersebut, tim Disdukcapil mendatangi langsung ke berbagai SMA maupun Madrasal Aliyah (MA) dalam kegiatan jemput

SERAMBINEWS/IDRIS ISMAIL
Warga dari berbagai Kecamatan di Pidie Jaya melakukan pendaftaran pembuatan dokumen kependudukan berupa KK akte kelahiran serta e-KTP, di Kantor Disducapil setempat, Jumat (26/2/2021). 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREDUDU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Duadukcapil) Pidie Jaya (Pijay) dalam dua bulan terakhir gencar melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi para pemula usia 17 tahun.

Kepala Disdukcapil Pijay, Helmi SSTP MSi kepada Serambinews.com, Jumat (26/2/2021) mengatakan, perekaman e-KTP bagi para pemula ini dilakukan di 222 gampong dalam delapan kecamatan sebagai langkah dalam meningkatkan kualitas data kependudukan yang valid dan akurat.

"Ini tentunya memberikan dampak besar bagi kepentingan dokumen dalam melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya (kuliah) serta dalam mendaftar sebagai anggota TNI/Polri," jelasnya.

Untuk perekaman e-KTP bagi para pemula tersebut, tim Disdukcapil mendatangi langsung ke berbagai SMA maupun Madrasal Aliyah (MA) dalam kegiatan jemput bola (Jebol) serta ke gampong-gampong beriringan dengan program pencetakan Kartu Indentitas Anak (KIA) mulai usia 0 sampai 17 tahun.

Selain itu juga kegiatan verifikasi secara mendetil terhadap kondisi ril dokumen di tingkat gampong maka pihak dinas berharap masyarakat untuk dapat mendatangi dinas demi keabsahan legalitas data.

Menurut Helmi, bahwa warga yang tidak merekam e-KTP akan membawa kerugian bagi dirinya terutama dalam memperoleh hak dan fasilitas yang diberikan oleh negara.

10 Negara dengan Militer Terkuat di Asia 2021, Indonesia Posisi Berapa?

Kebakaran di Langsa, 12 Keluarga Kehilangan Tempat Tinggal, Ini Nama-nama Pemilik Rumah

Persiraja Jalin Komunikasi dengan Mitter dan Dybal, Jelang Bergulir Kompetisi

Seperti memperoleh BPJS, layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU), Bank, Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga pengurusan Paspor.

"Saya sangat berharap masyarakat untuk patuh dan sadar pentingnya terhadap kebutuhan kelengkapan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk)," jelasnya.

Ditambahkan juga, pihak dinas juga terus gencar melakukan pelayanan bagi kelengkapan dokumen kependudukan dengan penerapan Protokoler Kesehatan (Protkes) berupa pengurusan kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian.

"Pada intinya Disdukcapil terus mengupayakan pelayanan maksimal kepada masyarakat termasuk pengadaan mobil operasional keliling pada tahun ini agar pendataan semua akses data dapat tersahuti dengan sempurna," ungkapnya.(*)

Penulis: Idris Ismail
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved