Breaking News:

Berita Aceh Barat

Nagan Raya adakan Rakor Cegah Karhutla, Keuchik Diminta Data Warga yang Buka Lahan

Pemkab Nagan Raya mengadakan rapat koordinasi (rakor) bersama TNI dan Polri terkait pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla)...

For Serambinews.com
Rakor karhutla di Pemkab Nagan Raya, Jumat (26/2/2021) siang. 

Laporan Rizwan | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Pemkab Nagan Raya mengadakan rapat koordinasi (rakor) bersama TNI dan Polri terkait pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Jumat (26/2/2021) siang.

Rakor dihadiri Sekda H Ardimartha, Kapolres AKBP Risno, Kasdim 0116 Mayor Inf Samil Fuddin, Kalak BPBD Irfanda Rinadi dan pejabat TNI, Polri dan Pemkab setempat.

Kegiatan berlangsung di ruang Asisten II Setdakab melahirkan sejumlah rekomendasi dan langkah yang akan dilakukan di kabupaten itu.

Dalam pertemuan itu, Kapolres  Nagan Raya mengatakan, kepala desa harus mendata siapa yang buka lahan perkebunan baru agar setiap masyarakat yang membuka lahan perkebunan tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan.

"Karena dikhawatirkan api akan meluas ke lahan lahan milik orang lain dan hutan terbuka. Perlu pembuatan kanal atau embung untuk penampungan air jika terjadi kebakaran tim dari TNI/Polri dan dinas terkait mudah mencari sumber air untuk pemadaman," katanya.

Dikatakan, perlu melakukan pembukaan akses jalan oleh pihak perusahaan dan menyiapkan alat-alat seperti mesin robin, motor trail dan selang untuk menyiram karhutla.

Sementara itu, Sekda Nagan Raya meminta pihak perusahaan melakukan pendataan alat-alat kebutuhan untuk melakukan pemadaman api.

"Agar masing perusahaan menyediakan mesin mini trakel/forable untuk kesiapsiagaan jika terjadi kebakaran lahan," ujarnya.

Dikatakan, Pemkab dengan perusahaan akan membentuk tim komunitas kebakaran hutan dan lahan di Nagan Raya

Sementara itu, Kasdim Nagan Raya mengungkapkan, tugas karhutla adalah bersama bukan hanya TNI/Polri dan BPBD, namun semua elemen bertanggung jawab tentang penanganan karhutla.

"TNI/Polri siap 24 jam untuk melakukan antisipasi karhutla namun demikian pihak perusahaan juga mendukung penuh baik dari sarana dan prasarana pemadaman untuk pemadaman api," jelasnya.(*)

Baca juga: Nagan Raya Nihil Kasus Positif Covid-19, Nakes Mendapat Suntikan Vaksin Tahap II

Baca juga: Hasil Galang Dana, Kwarcab Pramuka Abdya Kumpulkan Rp Rp 52,35 juta untuk Korban Gempa di Sulawesi

Baca juga: Usai Dibunuh di Hotel, Aipda Roni Buang Mayat 2 Gadis Medan di Tempat Berbeda untuk Hilangkan Jejak

Penulis: Rizwan
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved