Breaking News:

Berita Kutaraja

Kesbangpol Aceh Terima Piagam Penghargaan Capaian Kinerja Tim Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Provinsi Aceh meraih peringkat ke-9 dalam Capaian Kinerja Pelaporan Rencana Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Provinsi Tahun 2020.

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Aceh, Suburhan SH mewakili Kaban Kesbangpol Aceh, Drs Mahdi Effendi, menerima piagam penghargaan Capaian Kinerja Pelaporan Rencana Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Provinsi Tahun 2020, dari Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) di Hotel A One Wahid Hasyim Jakarta, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Provinsi Aceh meraih peringkat ke-9 dalam Capaian Kinerja Pelaporan Rencana Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Provinsi Tahun 2020 yang diumumkan tahun ini.

Penghargaan tersebut diserahkan pada acara Focus Group Discussion (FGD) Pengendalian Rencana Aksi Daerah (RAD) Tim Terpadu Penangan Konflik Sosial Tahun 2021, di Hotel A One Wahid Hasyim Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum), DR Drs Bahtiar, MSi dan diterima oleh Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional, Suburhan, SH mewakili Kaban Kesbangpol Aceh, Drs Mahdi Effendi.

Menurut Suburhan, piagam penghargaan yang diterima Kesbangpol Aceh itu merupakan manifestasi dari kerja keras tim terpadu kabupaten/kota di Aceh yang selama ini telah menyampaikan laporan situasi daerahnya ke tingkat provinsi untuk selanjutnya dilaporkan secara berjenjang ke pusat.

"Semakin cepat laporan situasi daerah disampaikan maka penanganannya dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan akurat, sehingga potensi konflik dapat segera dicegah,” kata Suburhan.

Baca juga: Wanita Jadikan Celana Dalam sebagai Masker, Setelah Ditegur Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Baca juga: Tim Gabungan di Nagan Raya Dikerahkan Padamkan Karhutla, 6 Hektare Lahan Hangus Dilalap Api

Baca juga: Chek Zainal Pantau Talent Scouting Atlet Balap Sepeda di Kalangan Pelajar, Diagendakan pada 9 SMP

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) DR Drs Bahtiar, MSi dalam sambutannya mengatakan, pada tahun ini pihaknya melihat ada kenaikan angka peristiwa konflik di daerah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ia menyebutkan, pada tahun 2020, Ditjen Polpum mencatat ada 71 peristiwa konflik sosial yang dilatarbelakangi oleh berbagai sumber. Sedangkan pada tahun 2019, hanya terdapat 31 peristiwa konflik sosial.

“Kita juga fokuskan kepada permasalahan ancaman ekstremisme, radikalisme, separatisme, dan terorisme, yang masih terjadi di beberapa daerah,” kata Bahtiar.

Pada tanggal 6 Januari 2021, Presiden telah mengeluarkan Perpres Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2021.

“RAN PE ini diharapkan dapat menjadi acuan utama implementasi penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme oleh setiap kementerian/lembaga terkait dan juga oleh pemerintah daerah yang membuat RAD,” urai dia.

Baca juga: Petugas Satpol PP dan WH Patroli & Gelar Razia di Pantai Wisata, Jaring serta Tindak 28 Pelanggar

Baca juga: Selidiki Tindak Pidana Minerba, Polda Temukan 150 Ton Limbah dalam Karung Hasil Penambangan Ilegal

Baca juga: Dalam Film Dokumenter, Mike Tyson Ungkap Lawan Terberat Dalam Hidupnya

“Ini sebagaimana tertuang pada Pasal 1 bahwa aksi pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme yang selanjutnya disebut Aksi PE, adalah kegiatan atau program sebagai penjabaran lebih lanjut dari RAN PE,” tuturnya.

Berdasarkan laporan ketua panitia pelaksana, FGD tersebut diikuti 80 peserta, terdiri atas Kaban Kesbangpol Provinsi se-Indonesia, dan kabid yang membidangi penanganan konflik di kesbangpol kab/kota terpilih, perwakilan dari beberapa kementerian/lembaga, serta pejabat di lingkungan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved