Breaking News:

Berita Aceh Besar

Tak Miliki Dokumen Kependudukan, Sekeluarga Tinggal "Serumah" dengan Sapi, Disdukcapil Turunkan Tim

Keluarga miskin ini bukan saja memiliki serba kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidup, ternyata juga tidak memiliki dokumen kependudukan.

Foto kiriman warga
Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Zulfikar Aziz SE (dua dari kanan) berfoto bersama tim yang diturunkan Disdukcapil Aceh Besar ke rumah Abdullah di Gampong Meunasah Bak Trieng, Kacamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Sabtu (27/2/2021). 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Abdullah (58) satu keluarga tinggal "serumah" dengan ternak sapi Jalan Makam T Nyak Arief, Gampong Meunasah Bak Trieng, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.

Sekeluarga miskin itu tinggal "serumah" yang hanya terpisah dengan sekat tirplek yang kondisinya memprihatinkan.

Keluarga miskin ini, bukan saja memiliki serba kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidup ternyata dia juga tidak memiliki dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Gampong Bak Trieng. 

Mendengar informasi masih ada warga yang tidak miliki dokumen kependudukan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Besar, Rahmad Sentosa SSTP MSI turunkan tim ke rumah Abdullah.

"Saya menelepon Kadisdukcapil menyampaikan dokumen kependudukan tidak dimiliki Abdullah. Alhamdulillah begitu cepat respon Kadisdukcapil menurunkan tim ke lokasi dan kita sebagai DPRK Aceh Besar memberikan apresiasi terhadap OPD Disdukcapil dibawah pemerintahan Bupati/Wabup Aceh Besar Ir Mawardi Ali/ Tgk Husaini A Wahab," kata Zulfikar Aziz SE kepada serambinews.com, Sabtu (27/2/2021).

Kata Zulfikar Aziz SE, petugas yang diturunkan pihak Disdukcapil Aceh Besar datang membawa perlengkapan untuk langsung bisa mengonlinekan data-data yang kependudukan Abdullah.

Menurut Zulfikar Aziz SE, kinerja Disdukcapil Aceh Besar wajar diberikan apresiasi terhadap respon cepat menangani warga yang tidak miliki dokumen.

Baca juga: VIDEO Kisah Satu Keluarga Hidup Bersama Sapi di Aceh Besar, Kandang dan Rumah Disekat Triplek

Baca juga: Rumah Janda Miskin di Padang Kawa Abdya Terbakar

Baca juga: Polda Aceh Temukan 150 Ton Limbah Hasil Penambangan Ilegal di Aceh Selatan

Baca juga: Marc Marquez Kemungkinan Masih akan Absen dalam Beberapa Seri Awal MotoGP 2021

Ia mengaku prihatin terhadap kehidupan Abdullah yang sudah dua tahun tinggal di daerah itu dan warga asli kelahiran Gampong Meunasah Mbak Trieng, tetapi dia bisa tidak miliki dokumen kependudukan.

"Wajar kalau Abdullah tak miliki dokumen kependudukan, karena seusai dia pasti bingung kalau mengurus sendiri," kata Zulfikar Aziz SE.

Setelah Aceh menjadi Provinsi termiskin di Sumatera berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Kini datang kabar dari Aceh Besar yang tak jauh dari Ibu Kota Provinsi Aceh, kabar itu menyedihkan ada satu keluarga tinggal "serumah" dengan ternak sapi Jalan Makam T. Nyak Arief, Gampong Meunasah Bak Trieng, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.

Sekeluarga miskin itu tinggal "serumah" yang hanya terpisah dengan sekat tirplek yang kondisinya memprihatinkan.

Keluarga miskin itu, bernama kakek Abdullah (58) yang tinggal di daerah itu sudah sejak dua tahun yang lalu. namun, karena adanya penertiban di Bantaran Krueng Aceh dia harus bergeser pindah di daerah itu dengan kondisi memprihatinkan.

"Saya tinggal "serumah" dengan ternak sapi. Sebelumnya juga mereka tinggal serumah dengan kandang ternak sapi beratapkan tenda,"ujar Kakek Abdullah kepada serambinews.com, Sabtu (27/2/2021).(*)

Baca juga: Kejayaan Tyson Runtuh karena Ulahnya Sendiri

Baca juga: Sebut Kamaru Usman GOAT, Kubu Tony Ferguson Beri Reaksi Ingatkan Abdelaziz dengan Ejekan

Baca juga: Liverpool Disebut-sebut Klub yang Secara Finansial Saat Ini Mampu Menebus Harga Kylian Mbappe

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved