Breaking News:

Otomotif

Honda Umumkan Harga Mobil Baru Dapat Insentif Pajak 1 Maret 2021

PT Honda Prospect Motor akan mengumumkan harga mobil yang mendapat insentif pajak pada Senin (1/3/2021).

Editor: M Nur Pakar
KOMPAS.com
Honda Brio RS 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor akan mengumumkan harga mobil yang mendapat insentif pajak pada Senin (1/3/2021).

Hal itu seiring Insentif PPnBM sebesar 100 persen sudah berlaku mulai 1 Maret 2021 sampai tiga bulan ke depan.

Konsumen yang ingin membeli mobil merek Honda, ada empat model yang menerima insentif ini.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 169 Tahun 2021, produk Honda ini di antaranya Brio RS, Mobilio, BR-V, dan HR-V semua varian.

Keempat mobil ini bisa dikatakan memenuhi syarat penerima insentif PPnBM karena memiliki kandungan komponen lokal 70 persen.

PELANGGAN melihat New Honda Mobilio yang diluncurkan di  Diler Honda Arista Banda  Aceh, Sabtu (23/2).
PELANGGAN melihat New Honda Mobilio yang diluncurkan di Diler Honda Arista Banda Aceh, Sabtu (23/2). (SERAMBI/MAWADDATUL HUSNA)

Baca juga: Luar Biasa, Setelah Brio, Kini Honda Jazz Kembali Kuasai Hatchback, Trend Mobil Sudah Berubah

Insentif ini juga hanya bisa dinikmati oleh mobil dengan kubikasi mesin 1.500 cc ke bawah, termasuk di dalamnya kategori sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2.

Adapun untuk Jazz meskipun memenuhi kriteria Kementerian Perindustrian, namun tampaknya kandungan lokal komponennya belum memenuhi syarat minimum 70 persen.

“Iya Jazz belum masuk. Kalau HR-V maksudnya semua varian 1.5L, varian 1.8L tidak masuk karena syaratnya di bawah 1.500 cc,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, kepada Kompas.com (27/2/2021).

Honda BR-V Facelift, Jepara ()
Honda BR-V Facelift, Jepara () (())

Baca juga: City Car Honda Brio RS Terus Melaju, Renault Kwid Mulai Menggeliat

Kemudian, Brio Satya tidak dapat insentif karena sudah mendapat PPnBM 0 persen sejak awal.

Sementara CR-V walaupun sudah diproduksi secara Completely Knocked Down (CKD), belum memenuhi kriteria Kementerian Perindustrian.

Sedangkan model-model seperti City, Civic (Hatchback RS, Turbo, dan Type R), Accord, dan Odyssey merupakan produk yang diimpur secara utuh dari luar negeri.

Baca juga: Honda City Hatchback Segera Meluncur, Seusai Thailand dan Malaysia

Meski sudah memastikan produk-produk yang mendapatkan diskon pajak, Billy mengatakan pihaknya belum memastikan harga jual mobil barunya.

“Peraturan detail pemerintah baru keluar Jumat malam. Harga baru akan kami informasikan ke jaringan distributor kami Senin depan,” tuturnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Mobil Honda yang Dapat Diskon Pajak, Harga Diumumkan 1 Maret 2021"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved