Breaking News:

Berita Aceh Singkil

Penempatan Pejabat Dinilai Melenceng dari Disiplin Ilmu, Ini Penjelasan Kepala BKPSDM Aceh Singkil

Mutasi harus dilakukan secara terencana, kepentingan kompetensi dan kebutuhan organisasi, dengan memperhatikan prinsip larangan konflik kepentingan.

Serambinews.com
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid kukuhkan kepala sekolah, di gedung Serba Guna di Pulo Sarok, Singkil, Rabu (17/2/2021) 

Laporan Dede Rosadi | Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Penempatan pegawai negeri sipil (PNS) dinilai masih terdapat unsur suka dan tidak suka, bukan prestasi atau kebutuhan kerja.

Hal itu disampaikan Hambalisyah Sinaga, seorang guru di Aceh Singkil, Senin (1/3/2021). 

Menurutnya, mutasi PNS mestinya  dilakukan untuk meningkatkan etos kerja dan kepentingan perbaikan mutu organisasi. Oleh karenanya mutasi harus dilakukan secara terencana, kepentingan kompetensi dan kebutuhan organisasi, dengan memperhatikan prinsip larangan konflik kepentingan. 

"Anehnya pemindahan seorang ASN tersebut tanpa sepengetahuan dari Bupati Aceh Singkil. Pemindahan ASN dengan semena-mena tanpa prosudur aturan. Seperti memindahkan seorang fungsional guru ke struktural, padahal seorang fungsional tersebut sudah mendapat sertifikasi sebagai guru namun tetap dipindahkan ke struktural," kata Hambali. 

Hambali mengaku telah melakukan penelusuran terhadap salah satu dinas di Kabupaten Aceh Singkil. Hasilnya, ia menemukan sekitar lima orang yang tidak sesuai kualifikasi pendidikan, kompetensi maupun kebutuhan.

"Ada sarjana kesehatan ditugaskan di kabid pengembangan sumber Daya Syari’at Islam dan Sarjana Kehutanan ditugaskan Kabid Bina Hukum Syari’at Islam terkesan seperti asal-asalan," tudingnya. 

Menurut Hambali, mutasi merupakan wewenang bupati selaku kepala Daerah. Akan tetapi, ada bagian khusus yang menangani manajemen PNS yakni Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). 

Baca juga: Kajati Aceh Tunggu Hasil Audit BPKP, Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan Jalan Muara Situlen 

Baca juga: Hari Ini, Kebakaran Lahan di Aceh Barat Sudah Mencapai 10 Hektare

Baca juga: Update Corona Hari Ini; Kasus Positif Covid-19 di Aceh Capai 9.543 Orang, Begini Rinciannya

Mestinya menurut Hambali, sebelum sampai kepada Bupati, sudah dimatangkan terlebih dahulu di BKPSDM

"Semua kekacauan mutasi di Singkil ini menurut saya ulah BKPSDM yang bekerja tidak professional dan Asal-asalan karena itu,  kalau mau maju pembanguan dan berjalannya birokrasi yang lebih baik di Kabupaten Aceh Singkil menurut saya, Pak Bupati harus berani mengganti kepala BKPSDM," ujarnya. 

Halaman
12
Penulis: Dede Rosadi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved