Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Ini Persiapan Kemenag Lhokseumawe untuk Keberangkatan CJH Tahun Ini

"Karena sejauh ini, kita baru mendapatkan arahan untuk mempersiapkan dokumen perjalanan bagi CJH saja," demikian Tgk Ruslan.

hand over dokumen pribadi
Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lhokseumawe, Tgk Ruslan. 

"Karena sejauh ini, kita baru mendapatkan arahan untuk mempersiapkan dokumen perjalanan bagi CJH saja," demikian Tgk Ruslan.

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE -  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lhokseumawe kini terus melakukan berbagai kesiapan untuk keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) tahun ini, sesuai arahan dari Kanwil Menag Aceh.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Lhokseumawe, Tgk Ruslan SAg MPd, Rabu (3/3/2021), menyatakan, pada pertengahan Februari 2021 lalu, pihaknya mendapatkan arahan dari Kanwil untuk mempersiapkan dokumen keberangkatan bagi CJH yang gagal berangkat pada tahun 2020 lalu.

Sedangkan jumlah CJH Kota Lhokseumawe yang gagal berangkat pada tahun 2020 adalah 252.

Jadi,  lanjut Tgk Ruslan, menindaklanjuti arahan Kanwil, maka langkah awalnya mengecek paspor dari para CJH.

"Dari 252 CJH, maka terdapat 20 paspor milik CJH yang sudah habis masa berlaku. Sehingga harus dibuat baru. Sedangkan proses pembuatan paspor baru bagi 20 CJH tersebut sudah selesai. Bahkan pihak Imigrasi yang datang langsung ke kantor kami, demi memberi kemudahan bagi CJH," papar Ruslan.

Dilanjutkan dengan meng-update nomor handphone aktif para CJH, sekaligus Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Baca juga: Lima Hektare Ladang Ganja di Sawang Digerebek, 15.000 Batang Ganja Dibabat dan Dimusnahkan

"Ini kami sedang entri nomor handphone dan NIK CJH. Karena besok kami akan rapat di Kanwil terkait dokumrn perjalanan CJH," katanya.

Ditanya apakah semua CJH yang gagal berangkat tahun 2020 akan diberangkatkan tahun ini, Tgk Ruslan, mengaku sejauh ini belum bisa memastikan. 

"Karena sejauh ini, kita baru mendapatkan arahan untuk mempersiapkan dokumen perjalanan bagi CJH saja," demikian Tgk Ruslan. (*)

Baca juga: 5 Anak Punk Aniaya Teman Perempuan hingga Tak Sadarkan Diri, Korban Dihajar dan Rambutnya Digunduli

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved