Breaking News:

Jurnalisme Warga

Jadi Guru Madrasah Ibtidaiah Itu Hebat

Sore itu menjelang magrib, tiba-tiba masuk pesan ke WhatsApp saya yang ternyata dari salah satu wali murid di kelas yang saya

Jadi Guru Madrasah Ibtidaiah Itu Hebat
IST
MIRNANI MUNIRUDDIN ACHMAD, M.A., Guru MIN 13 Pidie Jaya, Anggota FAMe Chapter Pidie Jaya, dan alumnus Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, melaporkan dari Pidie Jaya

OLEH MIRNANI MUNIRUDDIN ACHMAD, M.A., Guru MIN 13 Pidie Jaya, Anggota FAMe Chapter Pidie Jaya, dan alumnus Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, melaporkan dari Pidie Jaya

Sore itu menjelang magrib, tiba-tiba masuk pesan ke WhatsApp saya yang ternyata dari salah satu wali murid di kelas yang saya ajar. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada saya karena telah memotivasi putrinya dalam menuntaskan puasa sunah 1 Rajab tanpa mengeluh sedikit pun. Izza namanya, ia tetap “keukeuh” mempertahankan puasanya walau ternyata Izza harus tetap mengikuti mata pelajaran olahraga di tengah teriknya matahari hari itu. Masyaallah.

Saya terharu sekaligus tersenyum sendiri mengingat begitu polosnya anak-anak saat kita berikan wejangan maupun motivasi kepada mereka. Lebih-lebih jika sebagai guru kita memperlihatkan teladan yang baik kepada anak-anak.

Hari itu, saya hanya mengatakan kepada siswa bahwa saya akan berpuasa dan akan memberikan hadiah kepada siapa saja yang mau berpuasa sunah pada tiga hari pertama bulan Rajab yang pahalanya sangatlah berlipat ganda. Respons anak-anak ternyata di luar dugaan. Dengan penuh semangat mereka berjanji akan berpuasa sunah seperti saya walaupun hanya satu hari saja.

Semangat untuk beribadah kepada Allah di usia mereka yang masih belia yang terkadang jarang mau dilakukan oleh orang dewasa, sangat patut diapresiasi. Motivasi berpuasa ini sengaja saya berikan agar mereka terbiasa untuk berpuasa di bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang. Walau kita tahu sebenarnya tidak ada kewajiban bagi mereka untuk berpuasa, tetapi kewajiban bagi kita, orang tua dan guru, untuk memperkenalkan kepada mereka tentang kewajiban untuk berpuasa.

Cerita singkat dari Izza ini mengajarkan kita bahwa guru dan orang tua berperan penting dalam mendidik akhlak dan tingkah laku sang anak. Orang tua yang dengan sabar membangunkan sahur anaknya agar kuat berpuasa serta dorongan dan motivasi guru ketika ia sampai ke madrasah agar tetap semangat dalam berpuasa walau sedang tak makan dan minum, serta mampu menahan emosi dalam keadaan apa pun.

Kejadian ini sekaligus menambah pengalaman dan wawasan saya dalam menjadi guru di MIN 13 Pidie Jaya yang baru saya tekuni selama dua tahun terakhir. Menjadi guru madrasah ibtidaiah (MI) tentu saja mempunyai tantangan tersendiri dalam menghadapi murid yang cenderung masih mempunyai kebiasaan yang tidak bisa diam, senang bermain, dan senang melakukan sesuatu yang dilihatnya secara langsung.

Proses belajar yang terkadang harus tertunda akibat ada “kasus-kasus” murid yang menggelitik hati semisal murid yang menangis tanpa sebab, murid bertengkar hanya karena rebutan sepotong kue, dan berbagai  macam tingkah lucu mereka yang kadang membuat sang guru tak dapat menahan tawa walau dalam keadaan sudah marah sekalipun. Kondisi di mana guru harus benar-benar melatih kesabaran dalam mendidik mereka dengan harapan kelak salah satu dari mereka yang akan menarik tangan kami menuju surga.

Sang guru tetap harus menunjukkan sikap baik kepada murid, mengingat misi hamba hadir ke muka bumi ini tidak hanya untuk mengenalkan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai adab dan kebaikan terhadap mereka melalui akhlak baik yang langsung dipraktikkan di depan mereka.

Sejarah pun membuktikan bahwa banyak masyarakat Arab yang tertarik memeluk Islam karena melihat begitu banyak kebaikan dan keteladanan akhlak yang diperlihatkan Nabi Muhammad saw, bukan hanya kepada sesama Islam, melainkan juga kepada seluruh umat manusia, tak terkecuali kaum kafir Quraisy yang memusuhinya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved