Breaking News:

Otomotif

Suzuki Segera Produksi Ertiga dan XL7 Hybrid, Mobil Bertenaga Baterai dan Bensin

Suzuki Motor Corp (SMC) Jepang akan segera memproduksi mobil hybrid, untuk model low MPV Ertiga dan SUV XL7.

For Serambinews.com
Suzuki Ertiga Sport 

SERAMBINEWS.COM JAKARTA - Suzuki Motor Corp (SMC) Jepang akan segera memproduksi mobil hybrid, untuk model low MPV Ertiga dan SUV XL7.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita telah mengungkapkan SMC Jepang berkomitmen menambah investasi sebesar Rp 1,2 triliun di Indonesia.

Langkah tersebut dilakukan dalam upaya pabrikan dalam memperluas jangkauan pasar serta mengembangkan Ertiga dan XL7 berbasis mild hybrid di dalam negeri.

"Suzuki sampai 2024 akan menambah investasi sebesar Rp 1,2 triliun dan ini akan menjadi basis bagi pengembangan Ertiga serta XL7 yang basisnya mild hybrid," kata dia dalam konferensi virtual, Kamis (11/3/2021).

General Manager PT Armada Banda Jaya, Deli Saputra (kanan) dan KGS Hardabri M (kiri) Perwakilan Manajemen PT SIS, memperlihatkan Suzuki XL7 yang resmi diluncurkan di Banda Aceh, Minggu (1/3/2020).
General Manager PT Armada Banda Jaya, Deli Saputra (kanan) dan KGS Hardabri M (kiri) Perwakilan Manajemen PT SIS, memperlihatkan Suzuki XL7 yang resmi diluncurkan di Banda Aceh, Minggu (1/3/2020). (SERAMBI/MISRAN ASRI)

Baca juga: Indonesia Genjot Investasi Otomotif, Menperin Temui Prinsipal Toyota, Honda, dan Suzuki di Jepang

Agus menambahkan, model-model tersebut akan dikembangkan menjadi produk ekspor untuk memenuhi pasar otomotif di negara-negara Asia dan Latin Amerika.

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menyampaikan, alasan Suzuki memilih untuk mengembangkan mild hybrid.

Karena mereka mempunyai teknologi yang disebut Integrated Starter Generator (ISG).

Baca juga: Mobil SUV Suzuki XL7 Dapat Promo, Insentif Pajak Plus Diskon Diler Resmi

Teknologi ini dinilai cocok untuk pasar Indonesia karena lebih terjangkau dan sesuai dengan tujuan pemerintah untuk menekan gas buang pada kendaraan bermotor.

"Di samping itu, ISG juga bisa menekan konsumsi bahan bakar hingga 15 persen dan mengurangi emisi 20 persen," ucapnya.

"Jadi bukan dilihat apakah mobil listrik murni atau PHEV, tapi tujuan kita menekan emisi, apapun teknologi yang digunakan," jelasnya.

"Di samping itu kita juga harus tetap memperhatikan program serupa yang tengah berjalan seperti LCGC dan Biodiesel," kata Agus.(*)

Baca juga: Harga Mobil Suzuki Ertiga Turun Sampai Rp 30 Juta, Tambahan Diskon DIler

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suzuki Bakal Tambah Investasi Rp 1,2 Triliun, buat Ertiga dan XL7 Hybrid"

Editor: M Nur Pakar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved