Breaking News:

Pemkab Aceh Besar Kini Miliki Lab PCR

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali meluncurkan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 dan Layanan Public Safety Center (PSC) 119

Editor: bakri
SERAMBINEWS/MUHAMMAD NASIR
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali saat meluncurkan labotarium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 dan Layanan Publik Safety Center (PSC) 119 milik pemkab setempat di Gampong Bada, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Selasa (16/3). 

JANTHO - Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali meluncurkan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 dan Layanan Public Safety Center (PSC) 119 milik pemkab setempat, di Gampong Bada, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Selasa (16/3/2021).

Kehadiran Lab PCR itu untuk melayani masyarakat setempat dalam mengetahui hasil terhadap tes Coid-19. Sedangkan layanan PSC 119 sebagai layanan panggilan emergency bagi warga yang mengalami kecelakaan, maupun musibah lainnya.

Mawardi Ali mengatakan, Pemkab Aceh Besar meluncurkan Laboratarium PCR itu memudahkan masyarakat yang ingin melakukan tes. Labotarium itu akan melayani dua jenis tes, yaitu swab dan swab antigen.

"Kalau mau cepat antigen, bisa selesai dalam 15 menit. Tapi kalau Swab PCR bisa 2 jam, dibandingkan dulu yang  bisa empat hari prosesnya," ujarnya.

Lab tersebut diperuntukkan bagi warga Aceh Besar yang mengalami gejala, sehingga untuk memastikan yang bersangkutan positif atau tidaknya Covid-19, maka akan dilakukan uji di laborarium tersebut. Selain itu melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan atau kebutuhan administrasi lainnya.

"Kapasitasnya labotarium ini bisa memeriksa 24 sample dalam satu hari, atau 6 sample dalam kurun waktu dua jam," ujar Bupati.

Selain itu, kehidaran unit PSC 119 Aceh Besar ini juga untuk menangani kebutuhan masyarakat Aceh Besar bila dalam keadaan darurat, misalnya kecelakaan lalu lintas, kecelakaan di kebun, di laut dan sungai. Maka masyarakat dapat menghubungi call center PSC 119 Aceh Besar untuk bantuan darurat tersebut.

Katanya, PSC 119 Aceh menyediakan ambulans, dokter hingga perawat. "Di PSC 119 Aceh Besar ini sudah memiliki layanan mobil ambulans, dokter hingga perawat. Nanti mereka akan menangani secara medis,lalu baru dibawa ke rumah sakit untuk penanganan selanjutnya. Jadi ini untuk menangani jika keadaan darurat," ujarnya.

Katanya, PSC 119 akan melayani masyarakat Aceh Besar selama 24 jam. Oleh karena itu, ia meminta kerja sama masyarakat jika ada peristiwa yang membutuhkan ambulans dan pertolongan medis, agar segera menghubungi PSC 119 pada nomor 08116712119.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita MKes mengatakan, pihaknya sudah selesai melakukan pemeriksaan 712 sample untuk antigen mapun antibody. Namun untuk tes PCR, baru sekitar 29 sample yang diperiksa.

"InsyaAllah dengan labotarium ini kami bisa menampung sekitar 5.700 sample dalam setahun. Namun kalau kasusnya membeludak maka bisa kita minta bantu RSUZA, Lab Unsyiah, dan lab balitbangkes," ujarnya.(mun)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved