Breaking News:

Pebulutangkis Dunia Beri Dukungan untuk Indonesia

Dukungan moril untuk tim Indonesia yang dipaksa mundur dari Kejuaraan Bulutangkis All England 2021 terus mengalir sejak Rabu (17/3/2021)

Editor: bakri
Mikael Ropars
Tunggal putri Turki, Neslihan Yigit. Dia dilaporkan tetap bisa tampil di All England 2021 meski satu Pesawat dengan Tim Indonesia. Adapun kontingen Indonesia, diminta isolasi selama 10 hari yang berujung pada kepesertaan di All England berstatus walk off. 

Dukungan moril untuk tim Indonesia yang dipaksa mundur dari Kejuaraan Bulutangkis All England 2021 terus mengalir sejak Rabu (17/3/2021) hingga saat ini. Dukungan moril untuk tim Indonesia yang dipaksa mundur dari ajang bulutangkis All England 2021 terus mengalir sejak Rabu hingga saat ini. Dukungan itu antara lain datang dari pebulutangkis dunia dari berbagai negara dan dari netizen Indonesia.

"Meskipun kami tidak berkompetisi (di All England 2021), kami mendukung kalian," tulis Lu Ching Yao, pemain ganda putra Taiwan. Mantan ratu bulutangkis asal Thailand, Ratchanok Intanon, dan pemain ganda putra Denmark, Kim Astrup, yang saat ini sedang bertanding di Arena Birmingham hanya membubuhkan emoji dukungan sekaligus sedih.

Hans-Kristian Solberg Vittinghus (Denmark) yang memiliki kedekatan emosianal dengan Indonesia--terutama setelah Leg Asia di Thailand--secara frontal juga mengaku sedih terhadap keputusan dipaksanya tim Indonesia mundur dari All England tahun ini. "Berita gila datang ketika saya keluar dari lapangan saat (mendengar) seluruh anggota tim (Indonesia) dipaksa untuk mundur. Saya sangat sedih," tulis Vittinghus di Twitter pribadinya.

Gelombang protes juga mengalir deras dari Indonesia. Akun sosial media Federasi Bulutangkis Dunia atau Badminton World Federation  (BWF) digeruduk netizen Indonesia. Rata-rata dari mereka berkomentar bahwa memaksa mundur Tim Indonesia di All England 2021 adalah keputusan yang tidak adil.

Netizen Indonesia juga tidak menerima apa yang dialami oleh skuad Merah Putih di All England 2021. Mereka menyemangati para pebulutangkis Tanah Air untuk terus maju dalam membela keadilan. "Semangatt buat tim Indonesia, usaha tidak akan mengkhianati hasil," tulis @rna_ars. "Tuan rumah kurang pro. Mending ga usah buat agenda... Kasihan peserta," ujar @tuan_creative25. "Sangat tidak adil," tutur @iinnaurahazanah.

Mendadak mundur

Informasi lain, Neslihan Yigit, dinyatakan walkover (WO) dari turnamen All England 2021. Hal ini disebabkan karena pemain bulutangkis tunggal putri asal Turki ini berada satu pesawat dengan atlet-Indonesia dari Istanbul menuju Birmingham, Inggris. Sebelumnya, Yigit sudah menang pada babak pertama melawan Marie Batomene. Menelang babak kedua All England 2021 kemarin, namanya kemudian dinyatakan Walkover (WO) oleh BWF.

Pada babak kedua, seharusnya Yigit akan bertemu dengan atlet asal Jepang, Akane Yamaguchi.  Status Yigit yang sebelumnya aktif membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, merasa curiga dan bertanya-tanya.

Neslihan Yigit diketahui sudah mengundurkan diri dari turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut pada Kamis (18/3/2021) sore WIB. Yigit dijadwalkan menghadapi wakil Jepang, Akane Yamaguchi, pada pertandingan kedua di Lapangan 2 Utilita Arena, Birmingham, yang dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Hal ini diketahui dari cuitan Badminton Talk dan dari informasi di Tournament Software yang menyatakan bahwa Yigit "Walkover". Belum diketahui alasan mengapa Neslihan Yigit membuat keputusan tersebut. (tribun network/fer/wly/bolasport.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved