Breaking News:

Luar Negeri

Iran Tegaskan Sikap Terhadap Kesepakatan Nuklir, Sebut Sanksi Amerika Serikat Telah Gagal

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menegaskan kembali bahwa Iran tidak akan menyerah pada tekanan Amerika Serikat sebagai imbalan atas ker

AFP
"Kota Rudal" unit Angkatan Laut IRGC di sebuah lokasi yang dirahasiakan di Iran 

SERAMBINEWS.COM - Hingga kini, AS dan Iran belum juga menemukan kata sepakat untuk kembali ke perjanjian nuklir.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menegaskan kembali bahwa Iran tidak akan menyerah pada tekanan Amerika Serikat sebagai imbalan atas keringanan sanksi.

Dalam pidato di televisi hari Minggu untuk menandai dimulainya tahun baru Persia, Khamenei mengatakan kampanye "tekanan maksimum" dari sanksi ekonomi telah gagal.

"Dia (Trump) pergi dengan cara yang terkenal itu, membawa aib bagi negaranya," kata Khamenei, seperti melansir Al Jazeera, Minggu (21/3/2021).

"Mereka harus tahu 'tekanan maksimum' telah gagal sejauh ini, dan jika pemerintah AS saat ini ingin melanjutkan, itu juga akan gagal."

Trump secara sepihak meninggalkan kesepakatan nuklir 2015 dan mengatakan Iran harus merundingkan kembali kesepakatan itu agar sanksi dicabut.

Pemerintahan Joe Biden mengatakan ingin memulihkan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Tetapi Biden mengatakan Iran pertama-tama harus kembali sepenuhnya mematuhi kesepakatan sebelum sanksi dicabut.

Iran secara bertahap mengurangi kepatuhannya pada kesepakatan itu sejak 2019, satu tahun setelah penarikan AS.

Foto ini dirilis pada Jumat (8/1/2021) oleh Sepahnews, situs web Garda Revolusi Iran. Para perwira Garda Revolusi Iran berjalan dengan di antara rudal di pangkalan bawah tanah rahasian IRan di Teluk Arab.
Foto ini dirilis pada Jumat (8/1/2021) oleh Sepahnews, situs web Garda Revolusi Iran. Para perwira Garda Revolusi Iran berjalan dengan di antara rudal di pangkalan bawah tanah rahasian IRan di Teluk Arab. ((SEPAHNEWS via AP))

Baca juga: Iran Rencanakan Serangan ke Pangkalan Angkatan Darat AS dan Jenderal Tertinggi di Washington DC

Baca juga: Presiden Iran Sebut Kelompok Garis Keras Sebagai Pengkhianat, Halangi Pencabutan Sanksi AS

Khamenei mengulangi apa yang dia sebut sebagai "kebijakan definitif" negara itu pada kesepakatan nuklir: AS harus mencabut semua sanksi terlebih dahulu, setelah itu Iran akan membalikkan langkahnya untuk meningkatkan pengayaan uranium dan memasang aliran sentrifugal baru, di antara langkah-langkah lainnya.

Halaman
12
Editor: Faisal Zamzami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved