Breaking News:

Ditlantas Cek Mobil Penumpang

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh akan mengecek seluruh mobil penumpang yang beroperasi di Aceh untuk memastikan rem

Editor: bakri
Serambinews.com
Dirlantas Polda Aceh, Kombes Dicky Sondani 

BANDA ACEH - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh akan mengecek seluruh mobil penumpang yang beroperasi di Aceh untuk memastikan rem, ban, setir dan komponen lainnya yang berkaitan dengan keselamatan berfungsi baik.

Penegasan itu disampaikan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH, dalam siaran pers yang diterima Serambi, Selasa (23/3/2021).

Mantan Kabid Propam Polda Banten tersebut menegaskan dirinya sudah memerintahkan Kasat Lantas Polres Aceh Tamiang untuk melakukan pengecekan komponen keselamatan kendaraan mobil penumpang yang disebutkan tersebut di Jalan Lintas Sumatera Banda Aceh-Medan, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. "Ini merupakan langkah dan upaya kami dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas karena  tidak berfungsi nya rem. Lalu, kondisi ban dan stir mobil angkutan umum," kata Kombes Dicky.

Dirlantas Polda Aceh ini pun menerangkan adapun sasaran pengecekan yang akan dilakukan itu, yakni kendaraan roda empat dan roda enam jenis angkutan umum serta angkutan barang yang melintas di jalan lintas Provinsi Aceh- Sumatera Utara.

Pemeriksaan yang akan dilaksanakan Ditlantas Polda Aceh tersebut, ungkap mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) ini bekerja sama dengan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Dinas Perhubungan Aceh dalam menciptakan keselamatan di jalan. "Pengecekan ini akan terus dilakukan di samping mengingat sebentar lagi kita akan menyambut Bulan Suci Ramadhan, di mana aktifitas masyarakat semakin meningkat untuk melakukan perjalanan keluar kota dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri," terangnya.

Langkah-langkah untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya akan terus dilakukan pihaknya.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky juga menyebutkan, sebelumnya dirinya juga menginstruksikan jajaran polisi lalu lintas (Polantas) se-jajaran Polda Aceh untuk memberi pembinaan kepada sopir angkutan umum di terminal-terminal keberangkatan.

Bahkan beberapa anggota Satlantas Polresta Banda Aceh mendatangi Terminal Batoh untuk mengingatkan sopir-sopir yang akan berangkat ke Medan untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan selalu mengecek kelaikan bus, sehingga tidak terjadi kasus rem blong dan lain sebagainya yang mengancam keselamatan.

Selain itu juga, Dirlantas Polda Aceh mengingatkan kembali kepada pengusaha bus agar mematuhi protokol kesehatan serta tidak membawa penumpang melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan.

Rencana ke depan Dirlantas bersama dan Kadishub Aceh akan melakukan pengecekan angkutan umum apakah sudah di KIR atau belum. "Apabila ditemukan ada angkutan umum yang tidak secara rutin melakukan KIR kendaraan, maka surat izin trayek akan dicabut," pungkas Kombes Dicky.(mir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved