Breaking News:

Kupi Beungoh

Siswa Syok Lihat Soal UTBK, Pejabat Aceh Lanjutkan “Lambong-lambong Kupiah”?

Peserta tercengang ketika Abdullah Manaf menayangkan sampel soal Matematika yang disajikan pada UTBK 2020.

Editor: Amirullah
SERAMBINEWS.COM/Handover
Hasan Basri M. Nur, Anggota Madrasah Development Centre (MDC) Kanwil Kemenag Aceh. 

Oleh: Hasan Basri M. Nur*)

SEBUAH judul berita yang menghentakkan Aceh ditayangkan situs resmi Universitas Syiah Kuala (USK) pada 24 September 2020.

Berita yang tayang di website milik Universitas Syiah Kuala (unsyiah.ac.id) ini mengangkat judul “Rektor Unsyiah: Kualitas Pendidikan Siswa Aceh Terendah Nasional”.

Kesimpulan tersebut diketahui dari nilai rata-rata alumni SMA/SMK/MA yang ikut dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2020.

Dalam laporan yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2020 dijabarkan penilaian rata-rata Tes Potensi Skolastik (TPS) siswa Aceh adalah terendah secara nasional.

“Berdasarkan keseluruhan penilaian di atas, Provinsi Aceh tercatat sebagai salah satu provinsi dengan skor TPS terendah secara nasional,” ujar Rektor USK yang juga Wakil Ketua I LTMPT, Prof Dr Ir Samsul Rizal M.Eng, sebagaimana dikutip unsyiah.ac.id.

Baca juga: Bukan Sekadar Kebutuhan, Minum Banyak Air Putih Juga Bisa Bantu Turunkan Berat Badan,Ini 6 Alasannya

Dalam situs itu disebutkan, nilai anak-anak Aceh tercatat juara I terendah (terbelakang) di Pulau Sumatera.

Capaian ini sama dengan laporan Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 bahwa Aceh adalah provinsi termiskin di Sumatera.

Lebih dari itu, khusus pada penilaian “Kemampuan Penalaran Umum” dan “Pengetahuan dan Kemampuan Umum”, Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki nilai jauh lebih baik dari Aceh yang istimewa di bidang pendidikan.

Dalam bab ini, Papua dan Papua Barat yang belum reda dalam konflik antara Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan Pemerintah Indonesia lebih maju daripada Aceh yang sudah menikmati era damai sejak 15 Agustus 2005 melalui MoU Helsinki.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved