Breaking News:

Berita Banda Aceh

Yuk ke Taman Budaya, Ada Pameran Foto Karya Seni Berusia Ratusan Tahun

Kerajaan yang berkuasa dari abad 12 hingga abad 19 ini, juga meninggalkan banyak karya seni bernilai tinggi, khususnya seni ukir dan pahat

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/Handover
Budayawan, kolektor manuskrip, dan maestro kaligrafi, berkumpul di Taman Budaya Taman Seni dan Budaya Aceh, di Banda Aceh, usai pembukaan "Pameran Foto Seni Ukir dan Pahat Aceh Pada Batu, Kayu, dan Lukisan Pada Kertas", Jumat (26/3/2021). Pameran ini berlangsung mulai 26 hingga 28 Maret 2021. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kerajaan Aceh Darussalam tak hanya dikenal sebagai salah satu kekuatan perang di wilayah Nusantara.

Kerajaan yang berkuasa dari abad 12 hingga abad 19 ini, juga meninggalkan banyak karya seni bernilai tinggi, khususnya seni ukir dan pahat.

Seni ukir dan pahat Aceh ini terdapat pada batu, kayu, hingga lukisan pada kertas.

Sebagian dari karya seni yang terekam dalam foto dan lukisan ini, dipamerkan di Taman Seni dan Budaya Aceh, akhir bulan ini.

“Pameran berlangsung mulai 26-28 Maret 2021,” tulis Budayawan Aceh, Thayeb Loh Angen yang juga ketua panitia kegiatan, dalam rilis kepada Serambinews.com Jumat (26/3/2021).

Thayeb mengatakan, pameran yang digelar oleh sejumlah budayawan Aceh dengan tajuk "Pameran Foto Seni Ukir dan Pahat Aceh Pada Batu, Kayu, dan Lukisan Pada Kertas".

“Pameran ini dalam upaya memperkenalkan kembali seni pahat dan ukir Aceh kepada generasi sekarang dan masa depan,” kata Thayeb.

Thayeb mengatakan, foto-foto yang dipamerkan adalah foto seni pahat, seni ukir kayu dan batu, serta kaligrafi karya seniman Aceh abad 12-19 M.

Total, 45 foto yang dipampang di etalase pameran.

"Nantinya ada foto seni ukir dan seni pahat di batu sebanyak 15 lembar, seni ukir dan seni pahat di kayu 15 lembar, dan lukisan dan kaligrafi di kertas 15 lembar. Semua foto direkam sesuai kaedah fotografi arkeologi," ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved