Breaking News:

Internasional

AS Akhirnya Bantu Warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza, Balikkan Kebijakan Donald Trump

Amerika Serikat (AS) akhirnya memberikan bantuan kepada Palestina untuk pertama kalinya, seusai dientikan oleh Presiden Donald Trump.

AFP/JAAFAR ASHTIYEH
Seorang warga Palestina membantu seorang pemuda yang terinfeksi gas air mata, di tengah bentrokan dengan pasukan Israel di Desa Kfar Qaddum, Tepi Barat, Palestina, pada 15 Januari 2021. 

SERAMBINEWS.COM, NEW YORK - Amerika Serikat (AS) akhirnya memberikan bantuan kepada Palestina untuk pertama kalinya, seusai dientikan oleh Presiden Donald Trump.

Bantuan itu berjumlah 15 juta dolar AS atau sekitar Rp 216 miliar untuk komunitas Palestina yang rentan di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Bantuan itu dikhususkan untuk memerangi pandemi Covid-19 yang terus menyebar di wilayah tersebut.

Kebijakan Presiden AS Joe Biden, jelas-jelas membalikkan Donald Trump yang menghentkan hampir semua bantuan untuk Palestina.

Duta Besar AS Linda Thomas-Greenfield membuat pengumuman pada pertemuan Timur Tengah bulanan di Dewan Keamanan PBB pada Jumat (26/3/2021).

Dilansir AP, uang dari Badan Pembangunan Internasional AS itu akan mendukung upaya tanggapan Covid-19 di rumah sakit dan keluarga rentan di Tepi Barat dan Gaza.

Selain itu, kata dia, dana tersebut akan mendukung bantuan pangan darurat bagi masyarakat yang membutuhkan akibat pandemi.

"Bantuan yang mendesak dan perlu ini adalah salah satu bagian dari komitmen baru kami untuk rakyat Palestina," kata Thomas-Greenfield.

Baca juga: Turki Kecam Israel Karena Membiarkan Warga Palestina Mati di Tengah Pandemi Covid-19

"Bantuan tersebut akan membantu orang-orang Palestina yang sangat membutuhkan, yang akan membawa stabilitas dan keamanan yang lebih baik bagi orang Israel dan Palestina," tambahnya.

Di bawah mantan Presiden AS Donald Trump, AS memberikan dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada Israel.

Halaman
1234
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved