Breaking News:

Firli: Dewan Harus Ambil Peran

Ketua KPK Firli Bahuri dalam kesempatan itu mengatakan bahwa penanganan korupsi tidak hanya menjadi tugas KPK, tetapi seluruh elemen bangsa

FOTO TRIBUNNEWS.COM
Ketua KPK, Firli Bahuri 

Ketua KPK Firli Bahuri dalam kesempatan itu mengatakan bahwa penanganan korupsi tidak hanya menjadi tugas KPK, tetapi seluruh elemen bangsa. Termasuk juga DPRA yang memiliki peran untuk mencegah korupsi sejak awal sesuai dengan kewenangannya, mulai dari perencanaan anggaran hingga pengawasan.

Di hadapan pimpinan dan anggota DPRA, Firli menyampaikan bahwa dalam mewujudkan keberlangsungan pembangunan nasional, Indonesia masih menghadapi persoalan dalam memberantas korupsi.

Untuk itu, Firli meminta DPRA mengambil peran aktif agar tidak terjadi tindak pidana korupsi. Apalagi saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada tantangan bencana non alam pandemi Covid-19.

"Kami berharap peran DPRA bersama-sama pemerintah daerah dapat melakukan terobosan-terobosan dalam penanganan pandemi demi masyarakat Aceh,” pinta Firli.

Namun demikian, Firli mengaku, kunjungan pihaknya ke Gedung DPRA ingin lebih banyak mendengarkan masukan dari masyarakat Aceh yang diwakili oleh para anggota DPRA yang hadir. Di akhir pertemuan, Firli mengajak seluruh peserta yang hadir untuk mengambil peran dalam pemberantasan korupsi, yang dimulai dari diri sendiri.

Ikut Dalam Pembahasan Anggaran

Wakil Ketua I DPRA, Dalimi mengatakan, Ketua KPK, Firli Bahuri hadir ke Aceh dalam rangka melakukan rakor pemberantasan korupsi terintegrasi baik dengan pimpinan dan anggota DPRA maupun dengan gubernur dan bupati/wali kota.

Sehingga, sambung Dalimi, ketika penyusunan anggaran dilakukan tidak lagi terjadi tolak tarik antara eksekutif dengan legislatif. Ia berharap, ada pihak KPK yang ikut langsung mengawasi pembahasan penyusunan APBA. 

"Saya pikir lebih baik kalau memang bisa ada pihak KPK yang temani atau ikut dalam pembahasan anggaran. Karena selama ini dalam pembahasan anggaran sering terjadi tolak tarik," kata politikus Partai Demokrat ini.

Perlu Pembinaan Sebelum Penindakan

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved