Breaking News:

Berita Banda Aceh

Wantimpres: Demi Kesejahteraan Rakyat Aceh, Manfaatkanlah Dana Otsus untuk Kepentingan Umum

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Raden Agung Laksono, meminta kepada Pemerintah Aceh untuk memanfaatkanlah dana otonomi khusus (Otsus)

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Agung Laksono. 

Laporan Asnawi Luwi | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres Raden Agung Laksono, meminta kepada Pemerintah Aceh untuk memanfaatkanlah dana otonomi khusus (Otsus) dengan sebaik-baiknya khususnya lebih mengutamakan untuk kepentingan umum dari pada kelompok.

Hal itu diutarakan, Agung Laksono saat pertemuan silaturahmi dengan sejumlah tokoh Aceh dan para pejabat dan politisi partai di Rumah Aceh Tibang, Banda Aceh, Kamis (1/4/2021).

Kata dia, dana Otsus untuk Aceh begitu besar mencapai Rp 80 triliun, seharusnya dengan angka seperti itu Aceh sudah ada perbaikan berbagai sektor khususnya  pada sektor  pendidikan, kemiskinan, kesehatan, pertanian, perkebunan, irigasi dan infrastruktur lainnya yang miliki potensi untuk Aceh.

Agung Laksono menyarankan, perlu ada perbaikan dalam pengelolaan dan Otsus Aceh agar ada perbaikan angka kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan infrastuktur, apalagi Universitas Syiah Kuala (USK) ternama di Indonesia, saya rasa perlu adanya pemikir-pemikir dan USK untuk membenahi dana Otsus Aceh.

"Perlu dilakukan perbaikan dengan tenang untuk kebaikan selagi dana Otsus ada hingga 2029 mendatang,"ujar Agung Laksono.

"Saya bukan menyalahkan siapa-siapa dalam pengelolaan dana Otsus di Aceh sehingga angka kemiskinan Aceh peringkat pertama di Sumatra, tetapi ini adalah suara rakyat yang disampaikan kepada mereka tentang pengelolaan dana Otsus di Aceh dan ini akan menjadi kajian dan masukan kepada mereka yang akan disampaikan kepada Presiden RI.

Menurut Agung Laksono, kita masih punya kesempatan untuk memperbaiki semuanya, karena dana Otsus Aceh diperkirakan sekitar 8  tahun kedepan dan masih memiliki kesempatan untuk memanfaatkannya dan memperbaikinya segala sektor yang nilainya kurang baik di Aceh salah satunya angka kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur lainnya.

Sementara itu, mantan Wakil Ketua DPRA Aceh, Drs Sulaiman Abda,  mengatakan, dana Otsus Aceh diperkirakan hanya tersisa 8 tahun lalu. Kita berharap dana Otsus Aceh ini dapat terus berlanjut, tetapi memiliki payung hukum untuk mengawasinya agar dana Otsus ini tepat sasaran dan benar-benar diberikan sesuai dengan keinginan rakyat Aceh.

Rencananya, siap lebaran Kita juga akan mengundang Wantimpres (Agung Laksono) untuk datang ke USK Banda Aceh untuk diskusi soal dana Otsus di Aceh.  Sulaiman Abda yakin Agung Laksono siap membantu Aceh dan ini terbukti ketika musibah gempa dan tsunami di Aceh pak Agung Laksono langsung turun ke Aceh menelepon Jusuf Kalla pada saat itu Wakil Presiden RI.(*)

Baca juga: Wakil Ketua DPRA Serahkan Bantuan Tanggap Darurat untuk Korban Kebakaran TPA di Abdya

Baca juga: Meski Tersingkir dari Piala Menpora, Nazaruddin Dekgam: Saya Bangga dan Puas

Baca juga: Tampil Ngotot, Ousmane Fane Layak Dipertahankan di Persiraja

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved