Breaking News:

Berita Banda Aceh

Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh Serahkan 8 Boks Arsip Statis ke BAST, Apa Saja?

Untuk seterusnya semua arsip statis tersebut disimpan di lantai 2 ruang arsip BAST Aceh yang terletak di kawasan Bakoy, Aceh Besar.

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Nur Nihayati
For Serambinews.com
Kepala Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh, Ir Muhammad Saleh (kiri) dan Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Aceh, Muhamad Ihwan SSos MSi memperlihatkan naskah berita acara penyerahan 8 boks arsip dari Balmon Banda Aceh kepada BAST di aula balai tersebut, Senin (5/4/2021) siang. 

Untuk seterusnya semua arsip statis tersebut disimpan di lantai 2 ruang arsip BAST Aceh yang terletak di kawasan Bakoy, Aceh Besar.

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh, Ir Muhammad Saleh menyerahkan 8 boks arsip kantornya yang bernilai sejarah kepada Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Aceh, Muhamad Ihwan SSos MSi di Aula BAST, Senin (5/4/2021) siang.

Arsip yang diserahkan itu berjumlah 1,6 meter linier ( 8 boks arsip) yang terdiri atas arsip tsunami sebanyak 0,6 meter linier (3 boks) dan arsip statis 1 meter linier (5 boks).

Untuk seterusnya semua arsip statis tersebut disimpan di lantai 2 ruang arsip BAST Aceh yang terletak di kawasan Bakoy, Aceh Besar.

Baca juga: Sebanyak 425 Lulusan Unmuha Diwisuda

Baca juga: Menjelang HUT Ke-75, Persit Cabang XXI Lakukan Baksos dan Anjangsana ke Rumah Warakawuri

Baca juga: Lubang di Jalan Nasional Bahayakan Pengendara, PJN Perintahkan Rekanan Segera Perbaiki

Sebagaimana diketahui, BAST merupakan unit pelaksana teknis (UPT) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan satu-satunya UPT ANRI yang berada di luar Pulau Jawa.

Arsip-arsip yang diserahkan Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh itu, kata Muhamad Ihwan dalam sambutannya, merupakan memori yang sangat penting bagi bangsa dan generasi mendatang, karena menggambarkan sejarah bangsa dan bagaimana pentingnya frekuensi radio sebagai sarana awal komunikasi pada saat bencana terjadi, khususnya di Aceh.

“Dengan diserahkannya arsip statis ini berarti kita telah mewariskan informasi yang sangat berharga, khususnya arsip tentang peran serta berbagai pihak dalam membangun jaringan komunikasi ketika bencana terjadi di Indonesia, khususnya di Aceh, sehingga akan menjadi bahan perenungan dan pembelajaran bagi generasi mendatang dan seterusnya,” kata Ihwan.

Ihwan menyatakan, dengan diserahkannya arsip-arsip tersebut, berarti Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang membawahkan Balmon Spektrum Frekuensi Radio Banda Aceh telah meninggalkan jejak memori yang sangat berharga bagi negara dan bangsa Indonesia.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga telah melaksanakan kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan bahwa lembaga negara wajib menyerahkan arsip statis ke Arsip Nasional Republik Indonesia,” ulas Ihwan.

Ia juga memuji kepeloporan Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh sebagai salah satu instansi vertikal di Aceh yang menjadi pionir penyerahan arsipnya kepada BAST.

"Jarang-jarang lembaga vertikal di daerah mau melakukan hal ini, tapi Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banda Aceh sangat proaktif melakukannya," puji Ihwan.

Putra Bima, Nusa Tenggara Barat ini mengimbau berbagai instansi vertikal yang ada di Aceh, termasuk seluruh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) untuk mengikuti langkah Balmon Spektrum Frekuensi Radio Banda Aceh untuk menyerahkan arsip statisnya untuk disimpan di BAST.

Dalam peninjauan seusai serah terima arsip, ternyata di lantai 2 BAST belum semuanya terisi dengan arsip. Masih banyak ruang (space) untuk menyimpan arsip-arsip yang kelak akan diserahkan oleh lembaga-lembaga atau instansi pemerintahan lainnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved