Breaking News:

Bardan Sahidi dan Susilawati Rehab Rumah Janda Miskin

SURIAH (43), janda kurang mampu warga Kampung Buge Ara, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, kini mulai bisa tersenyum lantaran sudah bisa

SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Anggota DPRA Fraksi PKS, Bardan Sahidi dan Anggota DPRK Aceh Tengah, Susilawati menyerahkan secara simbolis kunci rumah layak huni kepada janda kurang mampu di Kampung Buge Ara, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (4/4/2021). 

SURIAH (43), janda kurang mampu warga Kampung Buge Ara, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, kini mulai bisa tersenyum lantaran sudah bisa menempati rumah layak huni.

Rumah tersebut direhab secara patungan oleh Anggota DPRA Fraksi PKS, Bardan Sahidi bersama Anggota DPRK Aceh Tengah, Susilawati. Kedua politisi PKS ini tergerak membantu karena melihat kondisi rumah yang sangat memprihatinkan.

Suriah bersama dua putrinya tinggal di rumah sempit berdinding papan yang hanya berukuran 2,5x3 meter. Rumah itu hanya memiliki satu ruangan tanpa sekat. Di ruang sempit itulah semua aktivitas dilakukan, mulai dari memasak, makan, tidur, dan aktivitas lainnya.

Beberapa lembar papan sempengan disusun berbaris untuk dijadikan alas, sehingga tidur tidak langsung menyentuh tanah. Sudah lebih empat tahun, Suriah bersama anaknya menempati rumah itu. Nasib mereka kian memprihatinkan saat suaminya meninggal dunia karena sakit.

Mendapat laporan ada warga kurang mampu yang menempati rumah tidak layak huni di Kampung Buge Ara, politisi PKS, Bardan Sahidi berinisiatif membantu merenovasi rumah Suriah. Dan kini, Suriah dan anak-anaknya sudah bisa menempati rumah layak huni tersebut.

 “Untuk renovasi bangunannya dibantu oleh Bapak Bardan Sahidi. Saya membantu kelengkapan isi rumah,” kata Susilawati di sela acara penyerahan kunci rumah layak huni, Minggu (4/4/2021).

Sementara itu, Bardan Sahidi yang sedang melakukan reses tahap I tahun 2021, sengaja menyempatkan diri untuk menyerahkan kunci rumah kepada Suriah. Bardan mengaku sangat puas melihat Suriah dan keluarganya sudah bisa menempati rumah yang layak untuk ditempati. Meski sederhana, tetapi kondisi rumah milik Suriah sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Mudah mudahan ibu Rusiah dan keluarganya bisa lebih baik di masa yang akan datang. Terlebih ini kan dekat bulan Ramadhan, sehingga sudah bisa menjalankan ibadah puasa tahun ini di rumah yang sudah layak untuk ditempati,” kata Bardan Sahidi.

Menurut Bardan, rumah Suriah saat ini sudah jauh berbeda dibandingkan sebelumnya. Tiga bulan lalu saat dia datang berkunjung, rumah itu masih beratap supu (daun rumbia) serta berlantai tanah.

“Waktu itu saya memikirkan agar keluarga Rusiah dan anak-anaknya saat memasuki bulan puasa dapat berteduh di rumah barunya. Alhamdullilah, harapan itu akhirnya terwujud,” sebut Bardan.

Adapun pengerjaan renovasi rumah Rusiah dilakukan secara swadaya serta bergotong royong bersama Reje Zakaria dan pemuda Kampung Buge Ara. “Saya meyakini, kita punya sumberdaya dan sumber dana ketika kompak dan bersatu. Kurang tiga bulan, renovasi rumah ini rampung,” kata politisi yang rutin keluar masuk kampung itu.

Selain bantuan renovasi rumah, Suriah juga menerima bantuan perlengkapan rumah dari Anggota DPRK Aceh Tengah, Susilawati, yang meliputi tempat tidur, bantal, tikar, peralatan dapur, serta beberapa jenis kebutuhan pokok.

Saat menerima semua bantuan itu Suriah sempat menitikan air mata. Ia merasa terharu lantaran masih ada pihak yang peduli terhadap janda serta anak-anaknya yang sudah yatim. “Alhamdullillah, kami sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu anggota dewan yang memberi perhatian kepada kami,” tutur Suriah.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved