Breaking News:

Berita Luar Negeri

Saling Kerahkan Kapal Induk, China di Dekat Taiwan, Amerika Serikat Ke Laut China Selatan

kapal perang - Saling Kerahkan Kapal Induk, China Dekati Taiwan, Amerika Serikat Ke Laut China Selatan

Editor: Muhammad Hadi
(AFP/ANTHONY WALLACE)
Kapal induk milik AL China, Liaoning. 

Saling Kerahkan Kapal Induk, China Dekati Taiwan, Amerika Serikat Ke Laut China Selatan

SERAMBINEWS.COM, kapal induk - Kelompok tugas kapal induk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) yang dipimpin kapal induk Liaoning pada Sabtu (3/4/2021) pekan lalu memulai latihan rutin di dekat Taiwan.

Kapal induk Liaoning ditemani kapal perusak besar Type 055 dan kapal perang lainnya berlayar melalui Selat Miyako menuju Samudera Pasifik dalam latihan lintas laut.

Kapten Senior Gao Xiucheng, juru bicara Angkatan Laut PLA, mengatakan, kelompok kapal induk Liaoning melakukan latihan di dekat Taiwan sebagai bagian dari pelatihan rutin yang dijadwalkan setiap tahun.

Baca juga: Rudal Pembunuh Kapal Induk Milik China Dapat Tambahan Kekuatan

"Dengan target, meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan nasional, kepentingan keselamatan dan pembangunan," kata Gao dalam sebuah pernyataan pada Senin (5/4), seperti dikutip Global Times.

"Latihan serupa akan dilakukan secara rutin di masa depan," imbuh dia.

Baca juga: China dan Rusia Disebut Musuh Global, Begini Kekuatan Militer Kedua Negara

Kapal Induk USS Theodore Roosevelt saat dikirim ke Teluk Persia untuk mengawasi kemungkinan Iran mengirimkan senjata ke Yaman.
Kapal Induk USS Theodore Roosevelt saat dikirim ke Teluk Persia untuk mengawasi kemungkinan Iran mengirimkan senjata ke Yaman. (Reuters/Al Arabiya)

Pernyataan Gao muncul setelah Pasukan Bela Diri Maritim Jepang melihat armada Angkatan Laut China yang terdiri dari enam kapal perang, melewati perairan antara Pulau Okinawa dan Pulau Miyako.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu (4/4/2021), keenam kapal perang Angkatan Laut China  berlayar ke Selatan menuju Samudra Pasifik pada Sabtu (3/4/2021).

Baca juga: Hadiah Rp 75 Juta Bagi yang Temukan Istri Pria Ini, Sudah 19 Hari Belum Pulang Ke Rumah

Keenam kapal perang China itu adalah kapal induk Liaoning, kapal perusak besar Type 055 Nanchang, kapal perusak Type 052D Chengdu dan Taiyuan, fregat Type 054A Huanggang, dan kapal pemasok komprehensif Type 091 Hulunhu.

Peningkatan kemampuan

Dengan kapal perusak Type 055 menyertai Liaoning, maka kemampuan ofensif dan defensif kelompok tugas kapal induk mendapatkan peningkatan menyeluruh.

Baca juga: Rudal Supersonik AntiKapal Milik China, Musuh Cuma Punya Waktu 10 Detik Mencegatnya

"Berkat sistem radar Type 055 yang lebih kuat, sistem manajemen informasi medan perang dan daya tembak yang lebih kuat dibandingkan dengan Type 052D," ujar Wei Dongxu, pakar militer yang berbasis di Beijing, kepada Global Times.

Menurut Wei, kapal perusak Type 055 kelas 10.000 ton tidak hanya bisa memberikan perlindungan pertahanan udara yang kuat kepada kelompok kapal induk, juga dapat menggunakan rudal anti-kapal dan serangan darat.

Bahkan, bisa meluncurkan serangan bersama dengan jet tempur J-15 yang lepas landas dari Liaoning.

Baca juga: China Buat Pesawat Siluman Terbaru, Pesaing Chengdu J-20, Lockheed Martin F-22 dan Sukhoi Su-57

Bertepatan dengan latihan kelompok kapal induk Liaoning, kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Mustin pada Sabtu berlayar ke Laut China Timur dan mendekati muara Sungai Yangtze sebelum menuju Selatan. 

Sedang pada Minggu, kelompok serang kapal induk Theodore Roosevelt Angkatan Laut AS memasuki Laut China Selatan melalui Selat Malaka, menurut pemantauan South China Sea Strategic Situation Probing Initiative, lembaga think tank yang berbasis di Beijing.

"China tidak akan membiarkan kapal perang AS mendapatkan keuntungan apa pun di depan pintu kami," sebut Wei.(*)

Baca juga: Kronologi Dimarahi Istri, Suami Emosi Tunjuk-tunjuk Mertua dan Tikam Remaja Berusia 14 Tahun

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Turun Lagi, Berikut Rincian Harga Emas Per Gram Selasa 6 April 2021

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Memanas! Kapal induk China dekati Taiwan, kapal induk AS menuju Laut China Selatan

BERITA LAINNYA TENTANG LUAR NEGERI

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved