Breaking News:

Berita Gayo Lues

Tiga Polsek di Gayo Lues Tidak Bisa Melakukan Penyidikan

Saat ini, Polsek di Gayo Lues yang bisa melakukan penyelidikan hanya Polsek Terangun, kemudian Polsek Pining dan Polsek Putri Betung.

Serambinews.com
Kapolres Galus AKBP Charlie Syahputra Bustamam dalam sebuah acara di Mapolres Galus sebelumnya. 

Laporan Rasidan | Gayo Lues

SERAMBINEWS.COM, BLANGKEJEREN - Sebanyak 3 Kepolisian Sektor (Polsek) yang membawahi tujuh kecamatan di kabupaten Gayo Lues (Galus)  tidak bisa atau tak berwenang melakukan penyidikan, selain harus diserahkan dan ditandatangani langsung di Polres Gayo Lues.

Data  Serambinews.com, kabupaten Galus terdiri dari 146 desa yang tersebar di 11 kecamatan tersebut, sejauh ini baru 6 kantor Polsek dan 1 Pos Sektor Perbatasan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat selama ini setiap saatnya atau 1x24 jam.

Sedangkan sisanya, lima kecamatan lainnya masih tunduk dan dibawah pelayanan Polsek induk atau Polsek terdekat, seperti kecamatan Tripe Jaya masih tunduk ke Polsek Terangun.

Begitu juga dengan kecamatan Blangjerango masih dibawah Polsek Kutapanjang, kemudian Pantan Cuaca tunduk ke Polsek Rikit Gaib, sementara untuk pelayanan di Blangpegayon dan Dabun Gelang tunduk ke Polsek Blangkejeren.

Kapolres Galus AKBP Charlie Syahputra Bustamam, kepada Serambinews.com, Selasa (6/4/2021) mengatakan, ada 3 Polsek diwilayah hukum Polres Gal

us di kabupaten itu tidak bisa atau tak berwenang lagi melakukan penyidikan lagi.

Sedangkan Polsek yang bisa melakukan penyelidikan hanya Polsek Terangun yang membawahi Kecamatan Terangun dan Tripe Jaya, kemudian Polsek Pining dan Polsek Putri Betung.

"Meski tidak berwenang melakukan penyidikan, namun tingkat ketiga Polsek itu masih bisa melakukan penyelesaian perkara yang sifatnya dapat diselesaikan melalui musyawarah atau secara kekeluargaan," sebutnya.

Baca juga: Jadwal Pencairan Gaji 14 PNS 2021, Segini Besaran THR PNS serta Gaji 13 PNS yang Akan Cair

Baca juga: Kapolda Aceh Buka Rakernis Fungsi Binmas, Ini Tujuannya

Baca juga: Galang Dana untuk Banjir dan Longsor di NTT, Rachel Vennya Berhasil Kumpulkan 1 M dalam Sehari

Baca juga: Kompol YC, Oknum Perwira Polisi Nyabu di Mobil Dinas: Karir Moncer, Eks Kasat Resnarkoba

Lanjut Kapolres, ketiga Polsek itu yakni Polsek Blangkejeren yang membawa tiga kecamatan selama ini yaitu kecamatan Blangkejeren, Dabun Gelang dan Blangpegayon.

Kemudian Polsek Kutapanjang yang membawahi dua  kecamatan yakni kecamatan Kutapanjang dan Blangjerango.

Selain itu, Polsek Rikit Gaib yakni membawahi dua kecamatan yaitu kecamatan Rikit Gaib dan Pantan Cuaca.

Bahkan ketiga Polsek itu diprioritaskan bertugas untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, hal itu berdasarkan surat Kapolri tertanggal 23 Maret lalu.

"Ketiga Polsek di kabupaten tidak berwenang melakukan penyidikan, namun masyarakat tetap dilayani dan  bisa melaporkan sesuatu perkara atau insiden ke tiga Polsek yang membawahi tujuh kecamatan itu, akan tetapi untuk penyelesaian perkara atau penyidikan akan dilakukan di Polres," sebutnya.(*)

Penulis: Rasidan
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved